Sabun Cair dan Sabun Padat, mana yang lebih bagus?

By | March 5, 2013
Lifebuoy-Membiasakan-Rutin-Cuci-Tangan-Pakai-Sabun-dalam-21-Hari-1

Mencuci Tangan

Perbedaan antara keduanya

Anda sedang memilih antara sabun cair dan sabun padat atau batangan yang nantinya akan dijadikan sebagai Sabun Keluarga anda? Anda bingung memilih mana yang bagus dan tepat begitukah? Anda datang ketempat yang tepat, karena pada saat ini akan dibahas mengenai mana yang bagus antara sabun cair dan sabun padat.

Sebenarnya tidak ada perbedaan yang drastis antara sabun cair dan sabun padat. Perbedaan hanya terletak pada bentuk atau wujudnya dan juga bahan dasar pembuatannya. Sabun padat atau sabun batang memiliki bentuk yang keras dan menjadikan natrium sebagai bahan dasar pembuatannya. Sedangkan sabun cair memiliki bentuk yang cair dengan bahan dasar pembuatannya terbuat dari kalium. Antara kalium dan natrium tidak ada perbedaan karena keduanya sama-sama garam asam yang memang digunakan sebagai bahan pembuatan dasar sabun.

Mana yang lebih bagus?

Sekarang anda sudah paham perbedaan antara sabun cair dan padat, jadi mana yang lebih bagus?

Zaman sekarang, masyarakat lebih senang menggunakan sabun cair sebagai Sabun Keluarga. Mengapa? Ini disebabkan karena pengaruh kebersihan. Jika menggunakan sabun padat, resiko tertularnya kuman sangat besar karena peletakkan sabun padat hanya dibiarkan terbuka dan otomatis tersentuh oleh semua anggota keluarga. Sabun cair memiliki kemasan yang padat dan tertutup sehingga resiko untuk tertularnya kuman lebih sedikit daripada sabun padat. Selain itu sabun cair sangat praktis dan mudah dibawa kemana-mana.

Kelebihan sabun cair memang tidak hanya terletak pada itu saja, karena ternyata sabun cair memiliki kandungan pH yang lebih rendah daripada sabun padat. Pada sabun padat yang memiliki pH tinggi akan menyebabkan kulit menjadi lebih cepat kering. Jadi bagi yang memakai sabun cair akan memiliki tingkat kelembaban kulit yang tinggi. Namun sabun cair ternyata diberi zat tambahan seperti zat pewangi yang apabila terkena kulit sensitive akan menyebabkan timbulnya alergi.

Bagi anda yang sekarang memakai sabun padat tidak perlu khawatir, karena sabun padat juga dapat menghilangkan eksim di kulit.