Metode Pencarian Google Akan Berubah (Cek Situs Anda)

By | March 30, 2015

Google berencana akan menggunakan algoritma terbaru untuk search engine mereka, dengan menggunakan sistem ini pencarian akan sedikit berbeda dari sebelumnya.

Dalam metode pencarian ini nantinya akan dioptimalkan pada situs-situs yang mobile friendly. Tidak perduli apakah user sedang melakukan pencarian di perangkat komputer ataupun tablet, situs yang memiliki tingkat optimal yang tinggi untuk ponsel akan menjadi prioritas utama oleh google.

Google belum menyebutkan secara detail situs seperti apa yang mereka anggap bersahabat bagi ponsel anda, tetapi search engine ini akan menyediakan satu halaman khusus yang befungsi untuk menguji apakah situs-situs yang kita miliki memang cocok untuk ponsel.

Algoritma terbaru tersebut akan mulai diimplementasikan pada tanggal 21 April 2015, dan sistem Algoritma ini akan berlaku untuk semua pencarian di seluruh dunia. Seperti yang dikutip dari blog resminya Google, Senin (30/3/15).

Meski baru akan berlaku mulai beberapa pekan ke depan, namun Google sudah menyebarkan ‘Googlebot’ untuk menelusuri situs-situs yang dianggap cocok dimasukkan daftar teratas pencarian mereka.

Perubahan metode dalam pencarian pada Google bukanlah merupakan yang pertama kalinya terjadi, pada tahun ini (2015) setidaknya Google telah mulai menerapkan dua sistem yang berbeda dalam pencariannya demi meningkatkan hasil yang relevan bagi pencari informasi melalui masin pecari google.

Pada Bulan Februari 2015 lalu Google telah mengumumkan bekerjasama konten dengan Sosial Media Twitter. Kini, apa yang telah dikicaukan pemakai microblogging tersebut dapat dilacak keberadaannya melalui mesin pencari Google.

Berikut Contoh Tampilan untuk situs yang tidak mobile friendly dan Mobile Friendly.

Not Mobile Friendly

Not Mobile Friendly

Situs Mobile Friendly

Situs Mobile Friendly

Jika Anda juga Ingin mencoba situs anda Apakah situs Anda mobile-friendly? anda bisa mencobanya pada link berikut ini:

Pengujian Situs Mobile-Friendly  

Info lengkapnya tentang Metode Pencarian Google Akan Berubah ini bisa cek langsung dari Blog Resmi Webmaster Google Indonesia