Cara Memanfaatkan Kartu Kredit yang Sederhana dan Mudah

By | October 1, 2015
Flash Sale

Kartu kredit adalah salah satu dari sekian jenis alat pembayaran yang banyak diminati karena memberikan banyak keuntungan bagi pemegangnya. Kepemilikan kartu kredit memberikan kemudahan dalam melunasi tagihan seketika itu pula. Lewat kelebihannya yang satu ini terkadang justru dimanfaatkan secara keliru sehingga menjadi sumber hutang tiada putus. Maka sangat penting sebelum menggunakan kartu ini mengetahui cara memanfaatkan kartu kredit dengan tepat.
Kartu-Kredit

Bagaimana memanfaatkan kartu kredit dengan baik?

Ada hal-hal yang perlu dijadikan kebiasaan untuk menjadikan kartu kredit sebagai alat pembayaran yang menguntungkan. Kebiasaan tersebut adalah:

  1. Menggunakan untuk tagihan kecil

Pemakaian kartu kredit adalah tindakan berhutang uang kepada penerbitnya dan akan dibayarkan sesuai jatuh temponya. Maka untuk menghindari hutang yang terlalu besar sebaiknya kartu satu ini digunakan untuk biaya-biaya yang transaksinya kecil saja. Sehingga total hutang dan bunganya tidak akan memberatkan untuk melakukan pelunasan.

  1. Membuat anggaran belanja untuk kartu kredit

Mengendalikan pemakaian kartu kredit sangat efektif untuk menekan menggunungnya angka pinjaman atau tagihan hutang. Cara sederhana yang bisa dilakukan ialah dengan mencatat setiap pengeluaran yang memakai alat pembayaran ini. Kemudian tentukan berapa maksimal total transaksi yang bisa dilakukan, jika sudah mencapai limit tertinggi. Maka untuk transaksi selanjutnya sebaiknya memilih membayar secara tunai atau menggunakan kartu debit. Menentukan besarnya anggaran belanja menggunakan kartu pasca bayar ini adalah tips memanfaatkan kartu kredit yang cukup efektif.

  1. Digunakan ketika berada di luar negeri

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh layanan kartu kredit ialah untuk kemudahan melakukan transaksi keuangan di negara lain. Nilai mata uang yang berbeda dan jenis mata uang yang tidak sama antar negara. Bisa teratasi dengan penggunaan kartu elektronik yang praktis ini, maka jika kesulitan melakukan penukaran uang. Baru Anda menggunakan kartu kredit sebagai sarana untuk memenuhi segala kebutuhan selama berada di negara orang. Bijak dalam menggunakan kartu kredit itu mudah asalkan tetap hati-hati dan menekan keinginan belanja berlebihan. Semoga cara memanfaatkan kartu kredit ini memberikan manfaat sesuai harapan.

Flash Sale