Ayo Teliti Sebelum Membeli Mobil Bekas

By | July 27, 2016

tips membeli mobil bekas

Mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang di Indonesia dalam melakukan perjalanan jauh atau malah dekat. Karena transportasi umum di Indonesia yang belum bisa memberikan jaminan kenyamanan, membuat orang memilih untuk membeli mobil sebagai kendaraan pribadinya sebagai transportasi sehari-hari.

Harga mobil baru yang masih mahal membuat mobil bekas menjadi pilihan tepat untuk anda membelinya. Tapi perlu ketelitian untuk mendapatkan mobil bekas yang performanya bagus dan berkualitas. Jadi, untuk bisa mendapatkan mobil bekas tersebut berikut tipsnya sebelum membeli.

Awal mula untuk mendapatkan mobil bekas adalah menentukan tempat membeli mobil tersebut. Anda bisa memilih jalur online atau offline. Untuk online, bisa mendatangi website-website khusus yang menjual mobil bekas. Salah satunya GuruMobil, dimana website tersebut bisa menampilkan mobil bekas yang diinginkan dengan teknologi yang digunakannya sehingga harga terjamin transparan.

Saat mengakses GuruMobil terdapat berbagai kategori mobil bekas seperti yang harganya tidak sampai seratus juta atau mobil bekas tapi masih baru. Dalam website tersebut anda pilih merek dan model mobil yang ingin dibeli, GuruMobil akan cek dan tampilkan mobil beserta harga, kilometer, dan tahun pembuatan.
Bagi yang ingin melalui jalur offline, bisa mendatangi showroom mobil di daerahnya. Terkadang mobil yang dijual melalui showroom biaya lebih besar dibandingkan membeli langsung dari orang pertama. Oleh karena itu untuk tempat pembelian mobil itu pilihan ada di tangan anda.

Setelah mendapatkan mobil yang diinginkan, perlu juga dilakukan cek dan ricek mulai dari tampilan luar mobil alias eksterior dari yang terlihat sampai tidak terlihat. Perhatikan bodi mobil apakah ada goresan atau rusak, selanjutnya kaca mobil jika ada retak atau pecah. Bagian lampu bisa menyala atau keadaan pecah, terus ban mobil terlihat sudah aus atau masih mulus. Terakhir, lihat kolong mobil bisa saja ada yang lepas atau karatan.

Dari luar mobil lanjut ke interior dan aksesoris yang dibagian dalam. Cermati bagian seperti AC, karpet, jok, dashboard hingga tombol-tombolnya. Apakah ada kekurangan atau tombol tidak berfungsi itu perlu diamati sejeli mungkin.

Lakukan test drive mobil tersebut dengan sebelumnya mencek keadaan mesin. Apakah berjalan baik atau ada hambatan saat melakukannya. Saat menggunakan mobil untuk test drive, minta izin dan ditemani dengan pemilik mobilnya, jadi anda mengetahuinya langsung dari pemiliknya.

Terakhir periksa dokumen kelengkapan mobil yaitu BPKB dan STNK. Pastikan dokumen tersebut asli dengan nama pemiliknya, jadi mudah nantinya untuk melakukan balik nama atau administrasi lainnya. Serta lakukan cek fisik di kantor Samsat agar memastikan dokumen sesuai dengan yang sebenarnya.

Itu tadi tips bagi anda yang ingin membeli mobil bekas. Sekali lagi perlu ketelitian dalam membeli untuk menghindari kerugian, jangan sampai menyesali apa yang telah terjadi.