Cuci Tangan 7 Langkah Seru Bersama Lifebuoy

By | July 19, 2016

cara cuci tangan

Mencuci tangan adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan. Meski terlihat sederhana dan mudah namun sering kali sering dilupakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Namun banyak orang tua yang mengeluh bagaimana cara membiasakan anak agar mau rajin mencuci tangan.

Tangan merupakan pusat berlabuhnya berbagai bibit penyakit yang bisa datang dari mana saja. Saat mencuci tangan, perhatikan setiap bagian-bagian kulit tangan yang sering terlewat, yaitu bawah kuku, sela jemari,pangkal jempol,dan punggung tangan. Jadi, apapun teknik mencuci tangan tetap saja jangan pernah ada sela-sela tangan yang luput dari pencucian.

Jadilah contoh bagi anak untuk selalu mengingatkan mencuci tangan sebelum makan, setelah buang air kecil maupun setelah buang air besar, dan sesudah beraktivitas, seperti sehabis bermain, berolahraga, berkebun, membuang sampah, setelah menyentuh binatang dan lainnya.

Jangan pernah bosan untuk mengingatkan kepada anak agar selalu ingat mencuci tangan, ajari anak bagaimana seharusnya mencuci tangan yang benar. Untuk mencegah anak mencuci tangan dengan cepat dan terburu-buru, anda bisa menemaninya sambil bernyanyi hal ini akan membuatnya merasa lebih  senang.

Agar semakin menyenangkan sediakan perlengkapan mencuci tangan yang menarik, sebeperti sabun cair yang wangi, dan handuk penering tangan yang bergambar lucu. Letakkan disekitar wastafel agar mudah dijangkau anak.

Bermain kotor-kotoran tetap perlu , biarkan dia bereksplorasi dengan hal kotor yang disukainya. Karena hal ini juga penting untuk mengasah perkembangan kepekaannya terhadap setiap apapun yang telah di sentuhnya maka indra perabanya akan merangsang ke otak rupa-rupa apa saja hal baru apasaja yang telah dipegangnya, ini juga dapat melatih indra penciumannya sebab aroma lumpur dan tanah yang khas tersebut mempunyai manfaat ketenangan bagi anak yang menghirupnya. Dengan bermain diluar ruangan anak akan menjadi lebih sehat selain mendapatkan udara langsung dari alam juga dapat merasakan sinar  matahari langsung yang bisa menguatkan tulangnya.

Berikut adalah cara cuci tangan 7 langkah yang benar bersama Lifebuoy :

  1. Lepaskan semua cincin atau aksesoris yang ada pada tangan , kemudian basahi tangan dengan air mengalir.
  2. Tuangkan sabun ke telapak tangan. Gunakan sabun anti bakteri seperti Lifebuoy Hand Wash karena efektif menghilangkan kuman penyebab berbagai penyakit.
  3. Gosok kedua tangan hingga mengeluarkan busa.
  4. Ratakan sabun dan gosok kedua tangan setidaknya 20 detik. Usahakan untuk menggosok semua permukaan, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan bagian bawah kuku.
  5. Bilas tangan hingga tak ada lagi busa tersisa, bilaslah dengan air mengalir minimal 10 detik.
  6. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu bersih.
  7. Matikan kran dengan siku tangan atau handuk bersih agar kuman yang mungkin menempel pada kran tidak mencemari tangan yang sudah bersih.

Langkah sederhana seperti mencuci tangan jika dilakukan dengan benar dan dijadikan sebagai kebiasaan dapat menghindarkan anak dari berbagai penyakit. Yuk, biasakan mencuci tangan yang benar sedari kecil. Agar kita semua tidak mudah sakit dengan berbagai kuman dan bakteri yang mulai mengintai kehidupan kita.