Kenali Gejala-Gejala Awal Hipertensi

By | July 26, 2016

tanda dan gejala hipertensi

Sebelum kita membahas tanda dan gejala hipertensi, terlebih dahulu kita akan membahas apa itu penyakit hipertensi. Hipertensi atau darah tinggi adalah penyakit yang berhubungan dengan kelainan jantung dan pembuluh darah yang sering ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dalam tubuh. Hipertensi juga kerap di vonis sebagai pemicu penyebab utama penyakit stroke.

Penyakit hipertensi tidak hanya mengancam pada orang dewasa tapi juga bisa mengancam para kaum muda. Pola hidup juga berpengaruh dalam hal ini, dengan pola hidup yang benar akan memberikan dampak positif bagi tubuh kita dan juga dibarengi dengan olahraga teratur agar tubuh tetap bugar dan sehat. Di dalam kehidupan, anda jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan ataupun minuman junkfood karena makanan ini sangat sulit dicerna oleh tubuh dan akan berdampak sangat buruk pada tubuh anda apalagi jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Selain daya tahan tubuh menurun, berbagai penyakit juga akan sangat mudah menyerang tubuh anda. Maka oleh itu sayangilah tubuh anda mulai dari sekarang, karena hidup hanya satu kali.

Tekanan darah yang terus-menerus tinggi dapat menyebabkan komplikasi pada organ tubuh penderita . Berikut organ yang paling mengalami kerusakan akibat hipertensi antara lain:

  1. Tekanan darah yang terus menerus tinggi akan menyebabkan kerusakan pada dinding pembuluh darah yang disebut disfungsi endosel yang akan memicu plak aterosklerosis dan thrombosis. Akibatnya , pembuluh darah tersumbat sehingga darah tidak dapat mengalir ke otak. Dan akan mengakibatkan stroke.
  2. Akan menyebabkan retinopati hipertensi dan menimbulkan kebutaan.
  3. Pada penderita hipertensi, beban pada  kerja jantung akan meningkat sehingga otot jantung akan menyesuaikan dan terjadi  pembesaran jantung dan semakin lama otot jantung akan mengendor dan berkurang  elastisitasnya. Sehingga kerja jantung semakin berat
  4. Hipertensi menyebabkan pembuluh darah pada ginjal mengkerut(vasokonstriksi) sehingga aliran nutrisi ke ginjal terganggu dan mengakibatkan kerusakan sel-sel ginjal dan berujung pada gangguan fungsi ginjal.

       Berikut ini saya akan menambah pengetahuan anda tentang apa saja tanda dan gejala hipertensi :

  • Biasanya orang yang menderita hipertensi akan mengalami sakit kepala dan pusing melebihi orang normal pada umumnya.
  • Wajah Nampak kemerahan
  • Sebagian orang akan mengalami detak jantung yang berdebar-debar.
  • Pandangan mata menjadi kabur atau menjadi tidak jelas.
  • Sering buang air kecil dan sulit berkonsentrasi.
  • Lebih mudah kelelahan dalam melakukan aktivitas
  • Terkadang ada yang mengalami pendarahan di hidung atau mimisan.
  • Gejala hipertensi yang parah bisa menyebabkan vertigo
  • Penderita hipertensi biasanya lebih mudah marah dan sensitive terlebih lagi pada hal-hal yang tidak disukainya.

Sangat tidak menyenangkan bukan jika hidup anda diserang oleh penyakit hipertensi. Sebab itu lah sayangilah hidup anda mulai dari sekarang dan jangan lupa untuk mengkonsumsi Tropicana Slim dalam pola hidup sehat anda.