Tips Investasi Menggunakan Emas Antam

By | October 17, 2016

emas-antam

Mungkin Anda sudah sering mendengar emas antam . Emas jenis ini memang sering digunakan sebagai komoditi untuk melakukan investasi. Tentu saja karena kecenderungan harganya yang dari hari ke hari semakin mengalami kenaikan. Harga emas dari antam berbanding terbalik dengan emas global. Bila antam mengalami penurunan harga, biasanya emas secara global akan mengalami kenaikan ini disebabkan Yunani mengalami gagal bayar hutang. Sayangnya, semakin banyaknya orang yang tertarik pada investasi jenis ini, semakin banyak pula orang yang tidak bertanggung jawab ingin menarik keuntungan secara tidak bertanggung jawab.

Bila Anda bertanya, apakah emas dari antam dapat dipalsukan? Tentu saja bisa, namun hal yang menjadi masalahnya ialah pemalsuan emas ini lebih sulit jika dibandingkan dengan memalsukan uang kertas. Oleh sebab itu sebagai seorang konsumen kita harus lebih berhati-hati sebelum melakukan pembelian, pastikan jika emas yang kita beli merupakan emas yang terjamin keasliannya. Jangan sampai Anda membeli emas palsu karena akan ada kerugian besar yang harus Anda tanggung nantinya. Sebenarnya, yang dimaksud emas palsu ini ialah emas yang memiliki kadar sangat rendah seperti kurang dari 10 karat. Ada beberapa tips agar Anda tidak terjebak dalam penipuan emas palsu. Pertama, lakukan pengujian menggunakan magnet. Anda bisa menggunakan sebuah magnet yang kuat untuk menarik emas, arahkan magnet di emas yang ditarik, emas bukan logam magnetik sehingga emas yang asli ia tidak akan tertarik oleh magnet.

Kedua, lihat secara seksama dari segi visual emas. Saat membeli sesuatu, Anda bisa melihat dari segi visualnya. Termasuk saat Anda membeli emas antam. Asli atau tidaknya emas tersebut dapat Anda lihat dari segi visualnya. Umumnya emas dengan cap yang menandakan kadar emas 24 K, kita bisa melihat dengan jelas tulisan tersebut. Selain dari cap karat, keaslian dari emas dapat Anda lihat dari perubahan warna. Untuk membuktikannya Anda bisa menggosok emas pada salah satu bagian. Jika saat di gosok terlihat warna yang berbeda, bisa jadi emas tersebut merupakan emas palsu.

Ketiga, menggigit emas. Bagi sebagian orang, mungkin menggigit emas merupakan hal yang lazim dilakukan oleh para atlet yang juara lomba. Namun menggigit emas ini juga bisa dijadikan sebagai cara apakah emas yang dijual oleh produsen tersebut merupakan emas asli atau palsu. Anda bisa menggigit dengan tekanan sedang, dan lihat apakah ada bekas gigitan di sana atau tidak. Emas yang asli biasanya sesudah di gigit tidak akan ada goresan gogo, namun bila tidak ada kemungkinan emas tersebut merupakan emas yang palsu.

 

Keempat, lakukan uji di toko emas. Cara ini merupakan cara yang paling mudah yang dapat Anda lakukan. Setelah Anda melakukan pembelian emas, Anda bisa mencoba menjualnya di toko emas. Jika toko emas tidak mau menerima emas tersebut, Anda harus waspada karena bisa jadi emas yang akan Anda jual tersebut merupakan emas palsu.

Sebagai orang awam dalam investasi emas antam , mungkin Anda berpikiran, jika mendapatkan emas dengan sertifikat, ini berarti emas tersebut merupakan emas asli. Padahal tidak semua sertifikat merupakan sertifikat asli. Untuk mengurangi tingkat penipuan, Anda bisa membeli emas langsung dari Antam. Memang, membeli di sana akan sangat melelahkan, namun jangan sampai hanya karena ingin praktis dan tidak mau menunggu, Anda melakukan pembelian di sembarang tempat. Selain di Antam, Anda juga bisa membeli di toko emas yang sudah terpercaya.