Usir Jauh Pilek dan Flu dari HidupMu

By | October 11, 2016

Pilek dan Flu adalah penyakit yang sangat mudah penyebarannya dan hampir semua orang pernah mengidap penyakit ini. Baik anak kecil maupun orang dewasa pasti pernah mengindap penyakit ini. Penularan virus ini pun bisa melalui udara ataupun dari benda-benda yang tersentuh oleh penderitanya. Virus dari penyakit ini biasanya menginfeksi saluran pernapasan penderitanya. Flu dan pilek memang bukan termasuk penyakit yang berbahaya, tapi gejala yang ditimbulkan seperti demam, sakit kepala, bersin-bersin, hidung tersumbat atau beringus, batuk-batuk, menggigil, pegal-pegal, kehilangan nafsu makan, dan sakit tenggorakan, tentu sangat mengganggu anda dalam menjalankan aktivitas harian. Bahkan bisa membuat anda istirahat total di atas kasur agar gejala yang ditimbulkan tidak tambah parah. Flu dan pilek sangat mudah menyerang tubuh anda ketika badan dalam keadaan tidak fit.

 Maka dari itu penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari flu dan pilek. Menjaga kebersihan badan dan lingkungan serta selalu menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari flu dan pilek maupun penyakit lainnya. Berikut tips-tips yang bisa anda lakukan untuk membantu mencegah pilek.

  1. Cuci tangan

Kebanyakan virus flu dan pilek menyebar melalui kontak langsung. Penderita yang flu dan pilek, biasanya bersin ke tangan dan kemudian menyetuh berbagai benda di sekitarnya seperti meja, pintu, gelas, telepon, keyboard, uang dan lain-lain. Dan virus penyebab pilek dan flu dapat hidup berjam-jam di benda yang disentuh oleh penderita pilek dan flu. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk selalu mencuci tangan sebelum menyentuh makanan ataupun wajah anda. Jangan cuci tangan anda dengan air saja, tapi gunakan juga sabun yang mengandung antiseptic. Selalu sediakan juga tissue basah yang mengandung antiseptic atau pencuci tangan antiseptic di dalam tas anda, untuk berjaga-jaga bila tidak menemukan tempat mencuci tangan.

  1. Rajin berolahraga

Olahraga adalah kegiatan menyehatkan badan yang mulai jarang dilakukan oleh masyarakat saat ini. Kesibukan menjadi salah satu alasan mereka tidak melakukan olahraga. padahal jalan santai, berlari-lari kecil, atau menaiki tangga kantor merupakan olahraga sederhana yang tidak akan memakan banyak waktu anda. Dengan berolahraga anda membuat jantung memompa darah serta membuat paru-paru bernafas lebih cepat sehingga transfer oksigen ke darah lebih lancar dan membuat tubuh memanas dan berkeringat. Hal ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh secara alami dan membuat tubuh anda tidak mudah terserang pilek dan flu.

  1. Menggunakan masker

Virus pilek dan flu bisa menyebar melalui udara, oleh sebab itu gunakanlah masker bila anda bepergian ke tempat-tempat umum seperti pusat perbelanjaan, stasiun, halte bis, taman dan tempat lainnya.

  1. Tidak merokok

Merokok sangat tidak baik bagi kesehatan tapi masih sering dilakukan oleh banyak orang. Selain itu asap yang dikeluarkan oleh perokok juga sangat berbahaya bagi orang sekitarnya. Karena asap rokok dapat mengeringkan hidung dan merusak rambut-rambut halus yang melapisi selaput lendir pada hidung dan paru-paru. Padahal rambut-rambut ini berfungsi untuk memfilter virus pilek dan flu disaluran pernapasan.

  1. Hindari stress

Tinggi tekanan hidup saat ini membuat banyak orang mudah mengalami stress. Padahal, stress sangat tidak baik bagi kesehatan. Cobalah untuk santai dalam menghadapi hidup dan system kekebalan tubuh anda akan meningkat. Penelitian membuktikan saat tubuh dalam keadaan rileks, interleukin-hormon pengatur system kekebalan tubuh akan meningkat.

  1. Konsumsi makanan yang mengandung phytochemical

Banyaklah konsumsi makanan yang mengandung phytochemical seperti sayuran dan buah-buahan yang berwarna hijau tua, merah dan kuning. Phytochemical yang terkandung dalam sayur dan buah-buahan tersebut yang mengoptimalkan fungsi vitamin yang terkandung dalam makanan yang anda konsumsi. Dan hal ini tentu memberi dampak yang baik bagi badan anda dan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat bagi kita semua. Karena badan yang selalu sehat dan fit selalu menjadi dambaan kita semua. Tubuh yang sehat akan memperlancar kegiatan rutin harian kita dan membuat kita lebih bahagia dalam menjalani hidup.