Tips Mengatasi Ketakutan Saat Pertama Kali Naik Pesawat

By | November 28, 2016

tips-mengatasi-ketakutan-saat-pertama-kali-naik-pesawat

Bagi sebagian orang naik pesawat adalah hal yang biasa, tapi bagaimana dengan orang yang baru pertama kali naik pesawat?

Pasti bagi Anda yang baru pertama naik pesawat, Anda akan merasakan takut, cemas terhadap banyak hal mulai dari bagaimana cara memilih tiket pesawat murah, bagaimana cara menitipkan bagasi, serta hal apa yang harus dilakukan saat mau check-in hingga hal lainnya. Jika Anda baru pertama kali naik pesawat dan mengalami semua hal itu, maka wajar kok.

Biar membantu mengurangi rasa takut bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat, cek pembahasan di bawah ini:

Usahakan Datang Lebih Awal ke Bandara

Ada baiknya Anda datang lebih awal ke bandara dari jadwal penerbangan. Dengan melakukan hal tersebut, maka membantu proses pemeriksaan atau prosedur lainnya. Jadi Anda tidak tergesa-gesa dan lebih tenang.

Coba bayangkan jika Anda terlambat, rasa cemas dan takutmu bertambah, karena Anda takut ketinggalan pesawat. Dengan datang lebih awal setidaknya bisa membuat Anda lebih tenang.

Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Jika Anda punya ketakutan naik pesawat, maka cara termudah mengatasinya adalah dengan memesan kursi bagian depan dari kabin pesawat.

Dengan duduk di kursi bagian depan akan membuat Anda lebih nyaman dan efek gejolak atau turbulance terasa lebih rendah dibandingkan duduk di bagian belakang.

Ke Kamar Mandi Terlebih Dahulu

Sebelum take off,  maka Anda bisa pergi ke kamar mandi terlebih dahulu  karena dengan melakukan hal ini mengurangi adanya resiko terjebak di dalam kamar mandi saat terjadi turbulensi.

Untuk mengurangi frekuensi rasa ingin ke kamar mandi Anda lebih baik mengurangi konsumsi minuman diuretik seperti teh atau kopi sebelum penerbangan. Namun ketika Anda ternyata terjebak di dalam kamar mandi saat terjadi turbulensi, manfaatkan pegangan yang telah tersedia di dalam kamar mandi untuk menahan diri.

 

Tarik Sebentar Penutup Jendela Ketika Pesawat take off dan Landing

Seseorang yang menderita phobia ketinggian, tanpa sengaja melihat ke luar jendela ketika pesawat take off maupun landing hanya akan meningkatkan rasa cemas dan takut.

Sehingga saat Anda mendapatkan posisi tempat duduk yang dekat dengan jendela, sangat disarankan menutup jendela tersebut pada saat pesawat akan lepas landas maupun melakukan pendaratan. Ketika pesawat sudah terbang secara stabil, Anda dapat membuka kembali penutup jendela kemudian menikmati pemandangan yang ada di luar.

Ngobrol sama penumpang sebelah

Untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa takut dan cemas, terutama bagi Anda yang memiliki phobia ketinggian, silakan ajak penumpang yang duduk di sebelah Anda berbincang-bincang ringan. Anda dapat mengajaknya berbincang mengenai destinasi favorit, politik, peristiwa terkini atau perbincangan ringan seputar makanan. Dengan melakukan perbincangan semacam ini perjalanan atau penerbangan Anda tidak akan terasa menakutkan lagi.

Mendengarkan Musik Favorit

Cara melawan rasa takut atau mungkin hanya jenuh selama penerbangan adalah mendengarkan musik favorit sambil memejamkan mata. Musik favorit akan membantu Anda untuk menjadi lebih rileks.

Bawa Buku Kesukaan

Selain mendengarkan music kesukaan, kamu juga bisa bawa buku kesukaan kamu yang bisa menengkan kamu, sehingga terhindar dari rasa takut dan cemas. Kamu mungkin bisa bawa buku komedi atau buku romantis. Intinya buku favorit kamu.

Kenakan dan Kencangkan Sabuk Pengaman

Kenakan dan kencangkan sabuk pengaman Anda sesuai dengan panduan atau pengumuman seperti yang diberikan oleh pramugari serta pilot menjelang take off.

Dengarkan secara cermat semua instruksi yang diberikan. Pastikan bahwa Anda tetap mengenakan sabuk pengaman meskipun tidak diperintahkan oleh pramugari maskapai penerbangan yang Anda gunakan untuk menjaga keamanan selama Anda duduk.

Tidur

Cara termudah mengatasi ketakutan adalah dengan tidur. Cara ini gampang banget kamu tinggal tidur dan tanpa tak sadar kamu telah sampai ke destinasi tujuan.

Biar rasa takut kamu tambah berkurang, temukan tiket promo pesawat murah dari portal travel online yang terpecaya.