Beberapa Tips Bekerja Dalam Coworking Space

By | July 8, 2017

Di kawasan perkotaan, coworking space telah banyak diterapkan oleh banyak pelaku usaha. Dengan menerapkan ruang kerja bersama ini, profesional kerja pribadi bisa menggunakan skenario yang lebih profesional dibandingkan ruang kerja pribadi. Jadi, dalam ruang kerja bersama ini terdapat sekelompok orang dengan bisnis yang berbeda-beda. Ruang seperti ini umumnya juga dilengkapi dengan meja panjang dengan perangkat seperti laptop, telepon, dan sebagainya milik masing-masing anggota. Sekilas, ruang kerja ini mirip seperti kedai kopi. Hanya saja, yang ada dalam kedai adalah peralatan-peralatan kerja untuk profesional.

Lalu, apa saja tips atau kiat sukses yang perlu diterapkan ketika bekerja di dalam ruang kerja bersama? Kiat yang pertama adalah selalu siap sedia dengan handphone yang daya baterainya penuh. Percaya atau tidak, handphone berikut dengan headphone-nya memiliki peran penting untuk Anda yang bekerja di bawah atap co-working. Sebaiknya, siapkan pula headphone yang nyaman. Jika tidak digunakan, selalu simpan perangkat tersebut dalam tas laptop. Agar ketika digunakan mendengarkan musik atau radio  orang disekitar tidak mengganggu orang sekitar, pastikan volume terkontrol dengan baik. Jika perlu, Anda juga bisa mempersiapkan pengisi daya berikut dengan kabelnya.

Tips berikutnya yang harus diingat adalah jangan ragu bertanya jika Anda melupakan sesuatu. Berdasarkan pengalaman beberapa orang, perangkat seperti charger, kabel, headphone, atau bahkan kabel sering lupa disimpan atau tertinggal di coworking space. Jika suatu kali Anda lupa, jangan ragu untuk bertanya ke rekan sekitar barangkali mereka memiliki barang cadangan yang bisa dipinjam dahulu. Di sinilah keuntungan dari konsep ruang ini. Namun, satu hal yang harus diingat adalah tidak mengganggu anggota lain tersebut.

Tips terakhir yang bisa Anda aplikasikan apabila menerapkan konsep ruang co-working adalah memesan ruang pertemuan di awal atau akhir hari. Anda bisa memesan ruang pertemuan yang tersedia apabila terdapat project yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tingkat tinggi. Memesan penggunaan ruang di coworking space pada awal atau akhir hari lebih direkomendasikan karena pada waktu tersebut anggota yang muncul belum atau tidak terlalu banyak.

Saat ini di Indonesia khususnya Jakarta, sudah mulai banyak usaha rintisan yang menawarkan layanan coworking space dengan berbagai macam tawaran menarik. Salah satunya ada Go-Work Indonesia yang berada di Chubb Square MH Thamrin, Jakarta Pusat. Untuk menjadi membership Go-Work anda hanya perlu mengeluarkan Rp 235.000 perbulan untuk mendapatkan berbagai keuntungan dalam Coworking Space.