Serba serbi Sabun

By | March 5, 2013
Lifebuoy-Membiasakan-Rutin-Cuci-Tangan-Pakai-Sabun-dalam-21-Hari-1

Mencuci Tangan

Apa itu sabun dan apa kegunaanya?

Sabun adalah sebuah benda yang terbuat dari bahan kimia berupa surfaktan yang apabila dicampur dengan air maka akan menghasilkan busa yang berfungsi untuk mencuci atau membersihkan. Bagaimana prosesnya? Pada permukaan sabun terdapat sebuah partikel aktif yang apabila terkena air akan mudah mengikat suspensi yang berada di permukaan suatu benda lain yang kotor sehingga suspensi kotor tersebut akan ikut hanyut terbawa bilasan air. Lalu Sabun Keluarga berarti sabun yang biasa dipakai oleh keluarga untuk membersihkan benda-benda rumah tangga. Sehingga kegunaann sabun sangat penting karena untuk membersihkan peralatan rumah tangga dan juga merupakan salah satu alat untuk membersihkan diri.

Jenis-jenis Sabun

Anda tentunya telah memahami pengertian dan kegunaan sabun dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya akan dibahas mengenai jenis-jenis sabun yang sering kita temui sehari-hari. Berikut penjelasannya.

1.  Jenis sabun menurut bentuk atau wujudnya

Sabun menurut bentuk atau wujudnya ada dua yaitu sabun padat, sabun cair dan sabun berbentuk serbuk. Sabun padat dan sabun cair biasa digunakan pada saat kita mandii sedangkan sabun berbentuk serbuk biasa disebut detergent yang digunakan untuk mencuci pakaian

2.  Jenis sabun menurut fungsi dan kegunaannya

Jenis sabun menurut fungsi atau kegunaannya ada berbagai macam, diantaranya ada sabun yang digunakan untuk mencuci muka seperti foam atau cleanser, ada sabun untuk cuci piring atau gelas yang berwujud gel dan cream dan adapula Sabun Keluarga untuk mandi.

 

Sekarang anda sudahh tau kan apa itu sabun, apa itu kegunaan dan macam-macamnya? Jadi, jangan sampai anda menggunakan sabun tidak sesuai dengan fungsinya. Misalnya anda menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci tangan. Saya masih melihat beberapa kejadian seperti ini di kalangan masyarakat. Ini keliru, karena macam-macam sabun tadi memiliki kandungan khusus yang memang diformulasikan untuk fungsinya.