onlineDi zaman serba digital seperti saat sekarang ini, dimana banyak hal-hal ataupun teknologi baru yang serba berhubungan dengan dunia teknologi dan akan terus berkembang, salah satunya yang sudah menjamur di dunia marketing adalah Bisnis Online, sebagaimana yang kita ketahui seperti toko online atau biasa di sebut online store contohnya saya yang sudah kita kenal di Indonesia seperti Lamido Indonesia, biasanya dari toko online seperti ini kita bisa mendapatkan segala sesusatu yang kita inginkan. namun dalam berbelanja online tentunya kita juga harus sangat berhati-hati, karena tidak sedikit banyak pihak yang menggunakan kesempatan ini untuk menupu para pencari barang-barang dengan harga murah dengan intrenet, tentunya targetnya adalah para gapteker yang baru-baru dalam hal belanja online, sehingga si target akan mudah tertipu dengan cara di imingi harga barang yang sangat murah untuk menarik minat para pembelanja online.

Maka dari itu thagaptek.com akan memberikan beberapa tips penting yang bisa menjadi acuan agar tetap aman dalam berbelanja secara online, seperti yang admin sendiri lakukan selama ini, kebetulan juga saya suka berbelanja online karena tidak ribet menurut saya, nah silahkan baca beberapa tipsnya dibawah ini :

1. Lakukan riset terhadap situs web tempat Anda berbelanja
Tips ini harus dilakukan kalau Anda berbelanja seperti pakaian online di situs web yang Anda sendiri kurang familiar.

Jika dirasa kurang meyakinkan, silahkan kunjungi mesin pencari Google atau Yahoo kemudian masukkan nama situs web tersebut. Carilah ulasan dari konsumen mereka. Kalau ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web tersebut.

2.  Cek identitas toko online Tersebut

Anda harus cek identitas dari toko online tersebut, misalnya: alamat email, No Telp / HP, YM, pin BB apakah masih aktif atau tidak

3. Baca dulu cara belanja dan peraturan-peraturan pada toko online tersebut, biasanya ada pada laman Cara Belanja dan FAQ, Privacy, Disclaimer dll.

4. Isi Data Anda dengan Lengkap dan Benar

Pastikan Anda memasukkan alamat dengan lengkap misalnya : Nama Anda, Nama Jalan, Nama Komplek, No Rumah, RT/RW, Kabupaten, Kecamatan, Nama Kota, Kode Pos, Provinsi dan Patokan khusus agar alamat Anda mudah dicapai oleh pihak jasa pengiriman.
* Jika menggunakan alamat kantor / perusahaan, tambahahkan keterangan : Nama Perusahaan / Kantor, Divisi / Bagian.
Contoh : PT Thegaptek, divisi 3, Bagian Back Office atau lainnya
* Jika menggunakan alamat Kos / Asrama, tambahkan keterangan Nama Kos / tempat, No Kamar / atau nomor lainnya.
Contoh : Kos Ibu Ana (Kamar No 10)

5. Jangan mudah tergoda harga murah
Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga barang yang murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. biasanya itu adalah kerjaan para spammer yang ingin mencuri data anda.

Namun anda juga harus berhati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan baik-baik itu dan langsung belanja dari sana. Jangan via e-mail atau jendela pop-up.

6. Pertimbangkan juga cara pembayaran
Pembayaran biasanya dilakukan dengan kartu kredit. Dengan kartu kredit, Anda punya bukti kuat kalau Anda sudah melakukan transaksi kalau barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Tapi, karena banyaknya pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, atau COD (Cash On Delivery) bagus juga jadi pertimbangan dalam belanja online ini.

7. Simpan bukti transaksi
Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Anda dengan penjual bisa anda simpan di komuter anda misalkan disimpan di folder yang bisa kita beri nama my Transaksi, Lamido, Belanja Online Dll.

Demikianlah beberapa tips penting yang bisa menjadi acuan buat sahabat thegaptek yang ini berbelanja online.

 

 

https://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2013/12/online.pnghttps://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2013/12/online-150x150.pngASCInternetDi zaman serba digital seperti saat sekarang ini, dimana banyak hal-hal ataupun teknologi baru yang serba berhubungan dengan dunia teknologi dan akan terus berkembang, salah satunya yang sudah menjamur di dunia marketing adalah Bisnis Online, sebagaimana yang kita ketahui seperti toko online atau biasa di sebut online store contohnya...Information of Technologi, Computers, Internet, Gadget, Network