Cara Mudah dan Efektif Testing Kualitas Koneksi Internet

By | March 13, 2015

Terkadang saat kita berinternetan tiba-tiba saja loadingnya sangat lama, namun kita bingung apakah itu karena situs yang kita kunjungan memang lagi slow respon atau memang jaringan internet kita yang lemot, namun keseringan kita menyalahkan jaringan internet modem kita yang lemot, padahal kita sudah membeli/menyewa paket yang besar dan mahal. Nah bagi anda yang belum tahu cara untuk mengecek yang mana yang benar, Situs yang kita kunjungi yang slow respon ataukah jaringan kita yang lelet saya berikan cara untuk mengeceknya.

Testing Kualitas Koneksi Internet

Dan untuk menguji kualitas koneksi internet adalah dengan menguji ke situs test kecepatan koneksi internet untuk bisa mengetahui kecepatan koneksi internet Anda.

Mungkin kita bertanya dalam hati ?

bagaimana saya tahu bahwa kualitas ISP internet saya benar-benar bagus dan sesuai dengan apa yang saya bayar yaitu untuk menguji kecepatan koneksi internet (kecepatan Downlad dan download) serta kualitas koneksi internet yang saya punya dll)?

Barbagai situs besar yang khusus menyediakan layanan penguji kecepatan internet diseluruh dinua. Di Indonesia sendiri terkenal dengan kecepatan untuk tingkat domestic (lokal/IIX) dan tingkat global (internasional/IX). Dari dua perbedaan kecepatan internet tersebut kita dapat melakukan pengujian kecepatan koneksi internet ke lokasi-lokasi yang berbeda-beda.

1. Speedtest.Net
Merupakan situs penguji kecepatan koneksi internet yang memilik target uji ke berbagai Negara. Diantaranya lokasi Indonesia, USA ataupun singapore. Situs ini menggunakan platform flash player.

Pengujian Dengan SpeedTest

Pengujian Dengan SpeedTest

2. DSLReport.com Speedtest
Situs penguji kecepatan internet ini sudah support hampir ke semua browser (Flash, Java dan iPhone) Pengujian kecepatan internet maksimum download dan upload dari beberapa lokasi yang tersebar diseluruh dunia.

3. Smokeping
Layanan ini berfugsi untuk memonitoring alamat IP Online Anda selama 24 jam atau lebih untuk bisa meninjau packet loss dan atau variabilitas latensi yang terlalu berlebihan.

4. Pingtest.net
Anda dapat menggunakan layanan Pingtest.net untuk dapat menentukan kualitas koneksi internet broadband Anda. Streaming, voice, video serta game online yang tentunya memerlukan lebih dari sekedar koneksi internet yang cepat.