Intel Computer Stick, Komputer Mini Seukuran USB Drive

By | June 25, 2015
Hermawan-Sutanto-Menjelaskan-Evolusi-Desktop-PC-Intel

Hermawan-Sutanto-Menjelaskan-Evolusi-Desktop-PC-Intel

Intel Compute Stick (ICS) merupakan sebuah komputer desktop berukuran dua jempol orang dewasa dengan bentuk mirip USB Flash Drive (UFD), dan bahkan dapat anda masukkan ke dalam kantong saku anda. Meski fisiknya mini, ICS bisa mewakili sebagian fungsi dari komputer desktop untuk digunakan bagi berbagai kebutuhan berbasis internet ataupun aplikasi office, seperti pengguna rumahan, bidang pendidikan, hingga bisnis.

intel-ICS

Intel Compute Stick menggunakan Intel Atom quad core Z3735F (Bay Trail-T platform) yang memiliki TDP sekitar 4 watt (yang biasa digunakan pada perangkat tablet) sebagai prosesornya. Intel menyediakan Compute Stick dalam 2 versi. Versi pertama adalah Compute Stick dengan sistem operasi Windows 8.1, RAM 2GB dan memori internal 32GB. Sementara versi kedua menggunakan sistem operasi Ubuntu 14.04 LTS dengan RAM 1GB dan memori internal 8GB. Serta koneksi Wireless 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk keyboard dan mouse, mini-USB power supply, dan slot micro SD card untuk menambah kapasitas penyimpanan data.

ics

Menariknya, perangkat ini dapat `menyulap` TV Anda di rumah menjadi perangkat komputer hanya dengan mencolokkannya ke port HDMI di TV. Jadi bisa sekalian kerja sembari nonton TV dirumah. Sellain itu ketika anda sedang ada rapat ke luar kota, ataupun ada presentasi di kampus, tidak perlu repot repot bawa Laptop lagi, mudahkan.

Jadi apabila anda tidak ingin kerepotan dengan size Laptop yang lumayan besar, ICS ini dapat dijadikan salah satu referensi anda untuk digunakan, nah jika anda berminat, ICS akan hadir di tanah air sekitar akhir bulan Juni 2015 dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, yaitu di bawah 2 juta rupiah. Namun versi Intel Compute Stick yang bakal hadir di Indonesia terlebih dahulu yaitu versi Windows 8.1 sedangkan versi Ubuntu akan menyusul kemudian.

Gimana minat nggak dengan komputer mungil yang satu ini ?