Inilah 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik ‘Tak Biasa’

By | July 9, 2015

Fitur kamera saat ini sudah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah smartphone. Bahkan inovasinya sudah bisa mengimbangi perkembangan smartphone itu sendiri. Karena Saking pesatnya, tidak sedikit produsen smartphone yang menyodorkan kemampuan kamera yang bisa dibilang sudah di atas rata-rata.

Dikatakan begitu karena kamera pada ponsel saat ini posisinya tidak lagi sebagai pelengkap saja. Hanya Dengan bermodalkan kamera ponsel, pengguna sudah dapat memperoleh hasil jepretan yang tak kalah keren dengan kamera kelas menengah ke atas.

Dan berkat kemampuan dari kamera ponsel saat ini, tidak sedikit juga kamera poket yang dipaksa untuk bertekuk lutut soal kualitas detail hasil jepretannya. Bagaimana tidak, kamera ponsel sekarang sudah memiliki bukaan yang juga lebih besar, auto-fokus yang super cepat, hingga penggunaan dengan sensor resolusi tinggi.

Dan berdasarkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kamera ponsel tersebut, Thegaptek sudah memilih lima ponsel dengan kamera yang dianggap tidak biasa karena memiliki fitur di atas rata-rata. Penasaran kan? Berikut rangkumannya yang kami dapatkan dari berbagai sumber.

1. LG G4
lg_g4
Smartphone buatan LG ini masuk ke dalam daftar pertama ponsel kamera yang memiliki kemampuan unik. Ketika LG merilis G3, banyak sekali konsumen yang penasaran dengan fitur kamera yang diusung oleh LG ini. Saat itu G3 menjadi smartphone pertama yang menawarkan fitur auto fokus laser.

Dengan fitur auto fokus laser, kamera bisa lebih cepat menangkap detail objek. Dan kemampuan ini semakin ditingkatkan lagi pada versi G4 yang memiliki kamera 16 MP, bukaan f/1.8, serta fitur Optical Image Stabilizaton yang mendapat improvisasi yang signifikan. Bahkan berkat hasil dari improvisasinya itu LG percaya diri menamainya dengn OIS 2.

2. HTC One M9
htc_one_m9Produsen dari Taiwan ini berusaha untuk menggebrak Ponsel kamera dengan membenamkan kamera 20,7 MP pada ponsel flagship terbarunya ini. Dan ditambah lagi dengan adanya kamera kedua 2,1 MP di bagian belakangnya yang diklaim mampu meningkatkan efek bokeh pada bagian belakang objek utama makin keren.

Teknik penggunaan dua kamera pada bagian belakang sendiri telah dimulai HTC sejak adanya One M8. Dua kamera dengan 4 MP yang berteknologi Ultrapixel menyodorkan hasil jepretan yang menuai cukup banyak decak kagum dari banyak konsumen. Dan konfigurasi ini pun kemduian diulang pada HTC One M9 namun dengan kombinasi yang berbeda.

Namun Sayangnya karena pada sisi software yang kurang begitu matang, jepretan kamera HTC One M9 dianggap mengecewakan. Tidak sedikit yang bilang bahwa HTC One M8 lebih baik hasil dari jepretan kameranya. Namun dari pihak HTC sudah merilis update untuk memberikan perbaikan.

3. Huawei Honor 6 Plus
huawei_honor_6_plus

Penggunaan dua kamera utama yang juga dibuat pada ponsel Honor 6 Plus, kemampuan dari masing-masing kameranya adalah 8 MP. Namun meski memiliki kemampuan yang sama, keduanya memiliki bukaan yang berbeda. Satu bukaannya f/2.0, sedangkan yang lainnya adalah f/2.4.

Sama seperti penggunaan dual cam bagian belakang di HTC One M9 dan M8, kelebihannya adalah pengguna jadi bisa menghasilkan efek bokeh yang lebih baik dan juga penambahan fitur efek 3D di hasil jepretannya. Kelebihan lain dari kamera Honor 6 Plus adalah autofokusnya yang hanya perlu waktu 0,1 detik, sangat keren bukan!

4. Gionee Elife E8
gionee_elife_e8Ponsel Gionee Elife E8 memiliki kemampuan kamera di atas rata-rata yaitu 24 MP dan dengan bukaan f/2.0. Tapi kelebihannya tidak sampai di situ saja, Gionee juga telah membekali software kamera yang begitu sangat unik. Berkat dari salah satu fitur di softwarenya yang mereka kembangkan, pengguna bisa meningkatkan hasil jepretannya hingga mencapai 100 MP, wow sungguh diluar dugaan kamera 24 MP bisa menghasilkan 100MP, sungguh software yang keren!

Lensa yang digunakan oleh ponsel Gionee Elife E8 juga menarik, terdiri dari enam bagian terpisah serta dilindungi oleh lapisan kaca safir. Jadi tidak perlu khawatir akan tergores.

5. Panasonic Lumix DMC-CM1
panasonic_lumix_cm1Mungkin inilah ponsel kamera yang memiliki kemampuan terbaik saat ini. Ponsel Lumix CM1 dibekali dengan sensor kamera berukuran 1 inch yang bisa menghasilkan jepretan 20 MP. Pengguna juga dapat mengatur bukaan lensanya sesuai kebutuhan mulai dari f/2.8 hingga f/11.0.

Begitu pula dengan tingkat ISO-nya, pengguna dapat mengaturnya mulai dari pilihan 100 sampai 25.600 sesuai keinginan si pengguna. Namun sayang harga yang harus kita bayar terbilang cukup harus merogoh kocek lebih dalam karena harganya dibanderol oleh Panasonic senilai USD 1.000 atau sekitar Rp 13 jutaan.