Wisata Asyik ke Danau Labuan Cermin

By | July 30, 2015

Bosan saat liburan dirumah aja, sahabat The Gaptek saya ada rekomenasi buat anda yang ingin liburannya seru, Labuan Cermin, Kalimantan Timur.

labuan-cermin-lake

Gambaran Umum :

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb. Untuk mencapai Berau sendiri ada beberapa cara seperti yang biasa dilakukan untuk mencapai Kepulauan Derawan. Memang biasanya wisatawan yang kesini biasanya terlebih dahulu mengunjungi surga bawah laut di Kepulauan Derawan.

Merupakan wisata alam dimana terdapat pantai berbentuk danau. Adapun rasa airnya dua rasa yaitu air asin dan air tawar. Dengan kebeningan air dan suhu yang mencapai 10-15o C membuat pantai ini disebut Labuan Cermin. Hal ini karena bayangan dan makhluk hidup yang ada didasar laut terlihat dengan jelas. Tempat tersebut cukup sejuk dan cocok untuk dijadikan tempat bersantai. Begitu sampai di ujung danau, terlihat kawasan hutan lindung yang masih asri dikelilingi rerimbunan pohon. Air jernih berwarna kehijauan secara jelas menampakkan kehidupan di bawahnya. Kejernihan air di danau dua rasa ini sudah tidak diragukan lagi. Di bagian atas danau, air terasa tawar karena bersumber dari mata air yang keluar dari celahcelah batu. Namun, beberapa meter di bawahnya, air terasa asin karena berasal dari air laut.

c

Kedua jenis air ini tidak bercampur. Bila menyelam beberapa meter, Anda akan menemukan sebuah batas lapisan antara keduanya. Bahkan, mentari yang menyinari danau akan kembali dipantulkan cahayanya bak cermin. Tidak cuma itu, beragam spesies ikan air tawar dan laut, seperti kakap, ikan warna, ikan tulang, ikan putih yang berenang di antara kayu dan batu semakin menambah keeksotisan danau tersebut.