Tips Memilih Asuransi mobil & Kendaraan

By | August 3, 2015

asuransi-mobil

Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil atau kendaraan sobat yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu. Dengan sobat memiliki asuransi berarti sobat memindahkan resiko kepada pihak perusahaan asuransi jadi jika sobat mengalami kerusakan mobil yang disebabkan oleh kecelakaan, Jika terjadi kecelakaan maka biaya perbaikan mobil sobat akan ditanggung oleh pihak asuransi (namun tergantung dari jenis Asuransi yang sobat ambil).

Hal ini tentunya akan begitu sangat penting jika sobat tinggal di kota yang pandat akan penduduk contohnya Jakarta, karena jumlah mobil / kendaraan yang lalu lalang sangatlah padat! Kita memang tidak pernah berharap terlibat dalam suatu kecelakaan maupun kemalingan mobil, namun yang namanya musibah siapa yang tau. Dan Asuransi mobil pasti akan sangat bisa membantu sobat dalam hal ini toyota repair service manuals pdf.

Bagi sobat yang belum paham betul tentang asuransi mobil, saran dari saya ambil saja asuransi mobil jenis All Risk karena jenis asuransi jenis ini akan mengcover biaya perbaikan mobil sekecil apapun sedangkan jenis Total Lost hanya akan bisa mengcover jika mobil Anda hilang atau rusak parah hingga 75%. Umumnya asuransi jenis Asuransi All Risk pasti lebih mahal daripada jenis TLO, hal ini wajar karena cakupan perlindungannya juga yang jauh berbeda.

Memilih asuransi mobil / kendaraan memang tidaklah gampang. Apalagi kita telah berada di tengah-tengah persaingan yang ketat dari berbagai macam perusahaan asuransi. Hampir semua perusahaan asuransi mempunyai produk asuransi mobil / kendaraan. Tinggal calon nasabah saja memilih yang mana yang layak untuk diambil. Untuk itu di bawah ini saya sajikan beberapa kriteria agar sobat tidak salah pilih dalam memilih asuransi mobil/kendaraan:

  1. Calon nasabah jangan terlalu terpaku pada tarif premi yang murah. Sebab, dalam persaingan saat ini, banyak sekali perusahaan asuransi yang banting harga, menawarkan tarif premi yang murah. Padahal belum tentu ada jaminan pelayanannya.
  2. Lihat dulu paket asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi itu. Misalnya luas cakupan jaminan sampai seberapa besar. Sebab, luas jaminan ini haruslah disesuaikan dengan keinginan serta kemampuan calon nasabah.
  3. Perhatikan juga jaringan dari perusahaan asuransi yang bersangkutan. Misalnya berapa banyak perusahaan itu memiliki kantor cabang atau berapa banyak memiliki bengkel rekanan, sehingga begitu ada klaim tidak perlu menunggu lama guna memperbaiki kendaraan maupun melaporkan mobil/kendaraan sobat yang hilang.
  4. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu kemudahan, fasilitas atau nilai tambah apa saja yang bisa diperoleh jika membeli polis di perusahaan asuransi tersebut. Misalnya, apakah ada mobil derek, mobil pengganti maupun hotline service, mobil ambulans, jasa montir, dan unggulan lainnya. Dan, yang tidak kalah pentingnya adalah kemudahan untuk melakukan perubahan-perubahan data asuransi serta kemudahan kita dalam bertanya.
  5. Yang perlu dipertimbangkan juga bonafiditas dari perusahaan asuransinya. Jangan sampai ketika ada klaim, bengkel rekanan pun tidak ada. Sebab, banyak perusahaan asuransi yang mengklaim mereka adalah perusahaan yang terbaik (Ilmu Marketing). Padahal kondisi keuangannya sudah begitu sangat parah.

Itulah Tips Memilih Asuransi mobil & Kendaraan yang bisa saya berikan kepada sobat semua yang mungkin ingin mangajukan Asuransi mobil/kendaraannya ke perusahaan asuransi terbaik agar mobil atau kendaraannya tetap dijamin perbaikannya ketika terjadi kecelakaan atau bencana alam.