Menyuburkan rambut bayi dengan cara alami

By | September 17, 2015

rambut bayi switsal

Memelihara rambut bayi agar sehat, lebat, dan bagus sangatlah penting. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan yang mengandung protein, lemak omega-3, zat besi dan vitamin, Jika bayi Anda masih dalam masa ASI Eksklusif (6 bulan), maka ibunyalah yang harus mengkonsumsi berbagai asupan bergizi ini. Sedangkan untuk memelihara kebersihan rambut dan kulit kepala bayi gunakan shampo khusus bayi, karena selain tidak mengandung zat kimia sebagaimana shampoo untuk orang dewasa, shampo ini pun tidak pedih di mata. Keringkan rambutnya secara perlahan, jangan digosok terlalu kencang. Gunakan sisir bergigi besar dan jarang, atau sisir sikat.

Bagi orang tua yang memiliki rambut bayi tipis, janganlah khawatir karena hal tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara, baik itu secara lami ataupun secara non alami. Menggabungkan kedua cara tersebut akan memberikan hasil yang sangat baik.

Menyuburkan rambut secara alami dengan menggunakan bahan alami seperti :

  1. Seledri

Seledri sudah dikenal sejak dulu bisa menyuburkan rambut caranya yaitu seledri ditumbuk atau diblender sampai hacur, kemudian dioleskan pada kulit kepala bayi, dapat dilakukan setiap hari kurang lebih 2  kali sehari dan dilakukan pada saat mandi.

  1. Telur

Bagian kuning telur bisa dijadikan bahan untuk merawat rambut, karena kuning telur bisa menutrisi pertumbuhan pada rambut. Ibu bisa mengoleskan kuning telur tersebut pada kulit kepala bayi atau ibu bisa memasak kuning telur tersebut lalu memakannya, karena kuning telur mempunyai kandungan protein yang tinggi.

  1. Minyak kemiri

Minyak kemiri bisa dibeli atau dibuat sendiri, membuatnya sangat mudah ibu tinggal menyiapkan kemiri lalu blender atau parut kemiri tersebut. Setelah itu tambahkan air lalu peras lakukan berulang kali sampai dihasilkan air perasan berwarna bening. Setelah itu simpan selama 24 jam lalu digoreng agar dihasilkan minyak kemiri yang seutuhnya. Setelah minyak terbentuk ibu dapat mengoleskannya pada kulit bayi ibu.

Selain cara alami bisa juga secara non alami, yaitu dengan menggunakan produk minyak rambut untuk bayi.