Rumus Jitu Cara Mengelola dan Mengatur Gaji

By | September 17, 2015

cara mengelola dan mengatur gaji

Apakah Anda saat ini mengalami masalah dalam cara mengelola dan mengatur gaji? Kesulitan untuk mengatur serangkaian keuangan saat tanggal gajian tiba memang di hadapi oleh banyak orang. Saat mendapatkan gaji yang sedikit, mereka susah untuk mengelola, mendapatkan gaji yang besar pun juga tidak ada bedanya. Sebenarnya bila Anda mengetahui rumus jitu untuk mengelola gaji Anda agar lebih efektif, berapa pun jumlah gaji yang Anda terima bukan menjadi sebuah masalah besar.

Pernahkah Anda mendengar tips mengelola gaji dengan sistem pembagian seperti 50:30:20? Mungkin Anda pernah mendengar hal ini akan tetapi belum bisa atau belum mampu menerapkannya. Sebenarnya sistem rahasia ini merupakan sebuah cara yang begitu efektif dan mudah di terapkan untuk merencanakan keuangan Anda sekarang ini. Untuk sistem pembagian ini, uang yang Anda bagi ialah pendapatan bersih yang Anda terima setelah di kurangi dengan biaya pajak hingga biaya yang lainnya.

Berikut rumus perhitungan gaji yang efektif, antara lain:

  1. Kewajiban pengeluaran sebesar 50%. Anda bisa mengelompokkan setengah dari gaji Anda untuk pengeluaran yang bersifat wajib. Contohnya seperti kebutuhan sehari-hari, cicilan KPR, tagihan listrik air, hingga uang sekolah untuk anak-anak. Bagian 50% ini bersifat wajib. Contohnya jika gaji Anda 2 juta, 1 juta ini di gunakan untuk pengeluaran wajib,
  2. Tambahan pengeluaran sebesar 30%. Pengeluaran tambahan ini seperti mainan untuk anak Anda, serta liburan. Contohnya, jika penghasilan Anda 2 juta, pengeluaran tambahan Anda 600 ribu,
  3. Investasi sebesar 20%. Sisa 20% Anda gunakan untuk menabung. Jadi jika penghasilan 2 juta, 400 ribu Anda pergunakan untuk menabung.

Seperti apa pun cara mengelola dan mengatur gaji yang Anda ikuti, jika Anda tidak melakukannya dengan disiplin, mungkin cara ini hanya berjalan hingga beberapa bulan saja, namun dengan kebiasaan serta kedisiplinan, rumus ini bisa Anda gunakan. Bahkan untuk Anda yang saat ini belum berkeluarga, setelah berkeluarga pun mengelola keuangan bukan sebuah perkara yang sulit. Jadi, simak dan pelajari secara baik-baik. Jangan sampai, Anda sama sekali tidak bisa menabung malah selalu menambah hutang.