Sudah Tahu Cara Tepat Memilih Baju Bayi?

By | March 22, 2016

perkembangan-bayi-3-bulan1Kelahiran bayi merupakan momen yang paling bahagia untuk setiap orang tua. Tak heran jika mereka selalu mempersiapkan kelahirannya sebaik mungkin. Salah satu cara mempersiapkan kelahirannya adalah dengan membeli aneka baju bayi. Mungkin kegiatan membeli pakaian bayi ini sangat menarik bagi beberapa ibu. Karena calon ibu bisa memilih langsung pakaian yang memiliki desain lucu dan menggemaskan. Namun dibalik desain yang menggemaskan tersebut belum tentu pakaian bayi itu bagus untuk dikenakan buah hati nantinya. Lantas bagaimanakah cara tepat dalam memilih pakaian bayi?

Kualitas pakaian

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih pakaian bayi adalah kualitasnya. Kualitas yang dimaksud adalah bahan pembuat pakaian bayi tersebut. Pastikan pakaian bayi yang Anda beli terbuat dari bahan yang berkualitas. Bahan berkualitas yang dimaksud adalah mudah menyerap keringat bayi sehingga membuatnya tetap nyaman saat mengenakannya. Selain itu pastikan warna pakaian bayi tersebut tidak luntur. Karena jika luntur pewarna pakaian tersebut akan terserap oleh kulit bayi. Akibatnya tentu saja bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya di kemudian hari.

Kenyamanan

Faktor kedua yang perlu diperhatikan saat membeli baju bayi adalah kenyamanannya. Karena jika pakaian tidak nyaman, tentu saja akan berpengaruh dengan mood bayi. Beberapa cara yang perlu diperhatikan untuk memilih pakaian bayi yang nyaman adalah sebagai berikut:

  • Belilah pakaian yang terbuat dari bahan katun. Karena bahan katun cenderung dingin dan maksimal dalam menyerap keringat.
  • Jangan membeli pakaian yang ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar. Lebih baik pilih pakaian yang memang pas untuk dikenakan oleh buah hati.
  • Tidak disarankan untuk membeli pakaian bayi yang memilikki banyak detil. Karena bisa membahayakan buah hati Anda.

baju bayi
Apakah cukup hanya dengan memperhatikan beberapa faktor diatas? Tentu saja tidak. Anda juga disarankan untuk mengetahui cara mencuci pakaian tersebut. Karena jika Anda salah dalam proses mencuci, maka bakteri akan mudah menempel pada pakaian dan membahayakan bayi Anda. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mencuci pakaian bayi adalah sebagai berikut:

  • Cucilah pakaian bayi menggunakan air yang bersih.
  • Gunakan detergen yang memberikan kelembutan untuk pakaian bayi.
  • Lebih baik tidak memilih detergen yang memiliki tingkat keharuman menyengat. Karena bisa membuat pernafasan bayi menjadi tidak nyaman.

Ternyata sedikit rumit bukan untuk memilih baju bayi? Tapi tak perlu khawatir, karena beberapa tips diatas mudah sekali untuk diterapkan dalam memilih pakaian bayi. Jadi mulai sekarang ada baiknya Anda tidak terlalu berfokus pada model dan detil pakaian bayi. Lebih baik fokuskan pada kenyamanan dan kualitas pakaian bayi tersebut.Bukankah kenyaman bagi buah hati lebih penting dibandingkan dengan model pakaian? Demikian informasi ini dan semoga bisa membantu Anda dalam memilihkan pakaian bayi untuk buah hati.