Lezatnya Kuliner Nusantara

By | September 27, 2016

nasi-goreng-kari

Siapa yang dapat menolak kelezatan menu masakan nusantara? Jawabannya tentu saja tidak ada. Indonesia memang mempunyai berbagai resep-resep peninggalan nenek moyang yang rasanya sudah pasti akan menggoyang lidah penikmatnya. Resep makanan Indonesia juga sudah tersohor ke seluruh penjuru dunia. Bahkan turis-turis yang pernah berwisata ke Indonesia dan sudah mencicipi makanan nusantara, dijamin pasti akan ketagihan. Bahkan setelah mereka pulang ke Negara asalnya, mereka masih merindukan masakan-masakan nusantara.

Dari sabang sampai merauke, resep masakan Indonesia mempunyai cirri khas dan keunggulannya masing-masing. Budaya dan letak geografis masing-masing daerah mempengaruhi cita rasa kuliner di Indonseia dan ini juga yang menjadi factor beranekaragamnya resep masakan Indonesia. Contoh saja mie aceh dan martabak aceh yang berbeda dengan mie dan martabak daerah lainnya. Mie aceh terbuat dari mie kuning tebal dan dengan irisan daging saping, kamanadmbing atau makanan laut lainnya yang disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Begitupun dengan martabaknya, martabak aceh hanya beisikan telur dan disajikan dengan kuah kari. Kenapa masakan warga aceh sering menggunakan kari? Hal ini dikarenakan banyak pendatang dari timur tengah dan india yang datang dan tinggal menetap di Aceh. Sehingga makanan daerah asal merekapun terbawa ke Aceh. Ada juga cakalang fufu  pedas dari Manado. Ikan cakalang memang banyak ditemui di Manado, sehingga ikan ini pun juga menjadi ciri khas dari Manado. Selain itu orang Manado juga menyukai rasa pedas. Oleh sebab itu hampir semua masakan khas manado bercita rasa pedas, seperti sambal ikan roa manado, ikan woku belanga, dabu-dabu, ayam rica-rica manado, cakalang fufu pedas dan tinutuan. Berbeda halnya dengan Manado, kuliner khas Jogyakarta bercita rasa manis. Kebanyakan masakan dari kota mahasiswa ini bercita rasa manis dan gurih, seperti gudeg Jogya, tahu dan tempe bacem, nasi gurih pecel jogya, sate telur puyuh ala angkringan, sate klatak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya tiga daerah tersebut yang mempunyai ciri khas makanannya. Tapi seluruh wilayah di Indonesia mempunyai menu-menu khas daerahnya. Setiap daerah juga akan memberikan sensasi cita rasa yang berbeda bagi para penikmatnya. Bahkan masakan padang pun kini melalang buana ke seluruh penjuru dunia. Bagi anda yang suka melakukan perjalanan ke luar negeri, pasti sering menemui restoran padang di beberapa Negara yang anda kunjungi. Semoga ke depannya tidak hanya masakan padang yang Go Internasional, tapi masakan dari daerah-daerah lain pun dapat menyusul.