Perhatikan 5 Hal Berikut untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Terima Antena TV

By | September 27, 2016

antena-tvTelevisi merupakan perangkat hiburan rumahan termurah yang ternyata ada banyak sekali cara untuk memaksimalkan hasil siarannya. Menjadikan televisi mampu memperlihatkan gambar dan suara yang jelas ternyata perlu memasang antena TV terbaik. Terbaik disini ternyata tidak melulu dipengaruhi oleh harga yang mahal supaya televisi menghasilkan gambar jernih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat memilih dan memasang antena tersebut supaya penangkapan gelombang siarannya maksimal.

Kiat Meningkatkan Daya Terima Antena

Bagi siapa saja yang memiliki budget terbatas namun ingin mendapatkan siaran televisi yang berkualitas sehingga nyaman menikmatinya. Maka perlu memperhatikan dan melakukan beberapa hal berikut untuk meningkatkan kualitas antena murah dalam menangkap gelombang siaran:

  1. Pertimbangkan antena deret,
    Antena deret dikenal juga dengan nama antena yang dan menjadi pilihan hampir semua pemilik pesawat televisi. Sebab antena ini dibuat berderet dengan beberapa rangka logam yang berfungsi menerima pancaran gelombang siaran stasiun televisi.
    Desainnya yang memang lurus dan ringan membantu pemiliknya mengarahkan secara langsung dan tepat kepada sumber gelombang siaran. Sehingga bisa menghindari kemungkinan antena menangkap gelombang dari arah keliru sehingga kualitas siaran kurang maksimal. Alasan lain mengapa perlu mempertimbangkan antena jenis ini adalah karena harganya yang memang lebih ekonomis. Bentuknya yang sederhana dengan ukuran yang tidak terlalu bongsor membuatnya dijual dengan harga murah, akan tetap sangat tepat dalam menangkap gelombang siaran.
  2. Menggunakan kabel yang tepat,
    Apabila sudah memilih antena TV yang dikenal bagus dan berasal dari merk yang terkemuka namun dirakit dengan kabel yang kurang bagus. Bisa jadi gelombang siaran yang berhasil ditangkap antena kurang mampu tersalur dan diolah sempurna oleh pesawat televisi. Disebabkan kemampuan kabel yang terbatas sehingga gambar di layar kaca kurang bersih atau suaranya kurang jelas. Pertimbangkan memakai kabel coaxial 75ohm dan juga terbuat dari sepuhan tembaga asli supaya lebih berkualitas.
  3. Mengatur panjang antara antena dengan booster,
    Sekedar memakai antena saja ternyata kurang menjamin tampilan layar kaca bisa bening dan suaranya jernih. Sebaiknya dilengkapi dengan booster yang akan meningkatkan kemampuan antena dalam menangkap gelombang siaran. Dianjurkan untuk mengatur panjang antena ke booster sekitar 1.5 meter dan dalam posisi lurus tidak ada gulungan dan sebagainya. Apabila sudah dipasang dengan ketentuan tersebut maka semakin besar kemungkinan tampilan pada televisi menjadi lebih memuaskan.
  4. Jangan lupa mengatur tinggi antena,
    Beberapa orang lumayan takut pesawat televisi tersambar petir ketika hujan turun karena antena yang dipasang di luar rumah dengan posisi tinggi. Sehingga menempatkan antena di dalam rumah di langit-langit atap supaya tetap bisa menikmati siaran televisi meski tengah hujan badai. Padahal kualitas layar kaca akan terganggu apabila posisi antena kurang tinggi. Apabila diletakan di dalam rumah pastikan atas memiliki ketinggian minimal 15 meter, bila tidak maka lebih baik dipasang di luar rumah.
  5. Hindari kabel yang digulung,
    Hampir semua orang menemukan sisa kabel yang menghubungkan antara antena, booster, dan terakhir tersambung ke pesawat televisi. Gulungan ini sering sekali dijumpai dan banyak yang memutuskan untuk menggulung sisa kabel. Keputusan ini ternyata kurang tepat sebab siaran yang ditangkap akan tersendat pada gulungan tersebut. Lebih dianjurkan untuk memotong sisa kabel pada antena TV dan membiarkan kabel menjulur lurus tanpa sekat dan hambatan, hasilnya layar kaca semakin memanjakan mata.