Minuman Segar dan Dingin yang Menyegarkan Harimu

By | October 3, 2016

es_cincau_teh_susu
Terletak di 60 LU (lintang utara) -110 LS (lintang selatan) dan diantara 950 BT (bujur timur) – 1410 BT (bujur timur), menjadikan indonesia sebagai Negara tropis. Sebagai Negara tropis, Indonesia selalu mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Indonesia pun hanya mengalami dua kali pergantian musim dalam setahun, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Sebagai Negara tropis, Indonesia dilimpahi kekayaan alam yang luar biasa. Curah hujan yang tinggipun membuat Indonesia mempunyai tanah yang subur, hal ini membuat flora dan fauna yang ada di Indonesia pun sangat beraneka ragam jenisnya.

Menjadi Negara yang beriklim tropis mempengaruhi kuliner yang ada di Indonesia. Sebagai Negara tropis yang mempunyai cuaca panas, banyak sekali minuman segar yang dingin yang akhirnya tercipta. Minuman segar yang dingin ini sangat diincar oleh para penikmatnya di saat musim kemarau tiba. Suhu panas pada saat musim kemarau membuat kita sering kali merasa haus. Saat haus memang enaknya minum minuman segar yang dingin, dijamin hausnya langsung kabur. Karena itu minuman segar yang dingin sangat popular di Indonesia dan tercipta banyak resep cara membuat minuman segar yang dingin. Hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai resep minuman dinginnya sendiri. Berikut cara membuat minuman segar yang dingin:

  1. Es Cincau

Untuk membuat es cincau, anda bisa langsung membeli cincau yang sudah jadi. Lalu tinggal rebus santan, gula pasir, garam dan daun pandan hingga mendidih dan dinginkan. Siapkan gelas yang sudah diberi es batu lalu tuangkan cincau yang sudah dipotong dadu dan santan secukupnya. Tapi kalau anda mempunyai banyak waktu luang untuk membuat cincau sendiri, berikut cara membuat cincau. Siapkan 100 gr daun cincau segar dan 140 ml air, siangi dan cuci bersih daun cincau segar kemudian bilas dengan air panas. Masukkan dalam blender atau tumbuk hingga halus daun cincau yang telah ditambahkan air sebanyak 700ml. saring daun cincau halus dengan kain bersih dalam cetakan yang diinginkan dan diamkan hingga mengeras.

  1. Es cendol

Membuat cendol pun sama mudahnya dengan membuat es cincau. Anda bisa langsung membeli cendol yang sudah jadi di pasaran. Jadi tinggal menambahkan es batu, santan dan juga larutan gula merah. Anda juga bisa menambahkan potongan nangka serta tape ketan ke dalam es cendol anda. Tapi kalau mau membuat cendolnya sendiri berikut caranya; campurkan 100 gr tepung beras, 50 gr tepung sagu, air suji atau pandan, dan 200 ml air ke dalam panci. Masak sambil terus diaduk hingga jadi bubur yang kental. Siapkan baskom dengan air dingin dan saring adonan cendol hingga jatuh ke dalam baskom yang berisi air dingin.

  1. Es Campur

Es campur juga minuman segar dan dingin yang mudah untuk dibuat sendiri. Anda tinggal mencampurkan potongan nagka, alpukat, cincau, melon, agar, dan serutan kelapa muda ke dalam mangkok atau  gelas. Kemudian tuangkan es batu, sirup dan susu kental manis. Sekarang es campur anda sudah siap untuk dinikmati.

Tiga minuman segar di atas adalah minuman dingin yang sangat familiar di Indonesia. Hampir di seluruh Indonesia terdapat warung atau rumah yang menjual minuman-minuman tersebut. Dipinggir jalanpun sering kita temui pedagang yang menjual 3 minuman di atas. Selain rasanya yang enak,  dingin dan menyegarkan, harganya pun sangat ramah di kantong.