Tips Memilih Data Center

By | November 7, 2016

web-server

Untuk membuat data center salah satu yang bisa anda lakukan adalah melakukan persewaan terhadap data center tersebut. Saat ini untuk membuat data center anda bisa memilih salah satu dari data center Indonesia yang menyediakan colocation. Colocation merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mengurangi pengeluaran untuk pembangunan data center. Meski memiliki banyak keuntungan, untuk memilih data center anda perlu melakukannya dengan hati-hati. Bagi anda yang tertarik membangun data center ini, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti ketika akan memilih persewaan data center.

Lokasi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih data center adalah memilih data center berdasarkan lokasinya. Semakin dekat lokasi data center yang anda pilih akan semakin baik. Hal ini digunakan untuk mempermudah dan memperkecil travel cost yang muncul akibat adanya persewaan data center.

Tier yang ditawarkan

Bagi anda yang memiliki bisnis yang memiliki skala yang besar, memilih agen yang memberikan data center dengan tier yang tinggi adalah hal yang wajib. Tier yang tinggi seperti tier 3 dan 4 menjamin uptime yang tinggi dan waktu downtime tahunan yang rendah. Hal ini penting untuk mendukung image bisnis anda di mata pengakses website anda. Uptime rata-rata yang membuat sebuah data center bisa mendapatkan pertimbangan adalah sekitar 99.999%.

Fleksibilitas

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah fleksibilitas yang dimiliki oleh agen yang akan anda gunakan. Ada banyak perusahaan yang menawarkan data centernya untuk anda. Tapi tidak semuanya memiliki fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan anda baik sekarang atau di masa depan. Hal ini merupakan hal yang penting mengingat teknologi terus berkembang sehingga pastikan jasa yang anda pilih menyediakan space tambahan, sumber tenaga dan juga konektivitas yang lebih fleksibel sesuai dengan perkembangan kebutuhan anda di masa depan.

Perhatikan feedback dari customer

Siapa saja dapat menjanjikan reliabilitas yang tinggi dari data center yang dimilikinya, akan tetapi bagaimana dengan kinerjanya pada kenyataannya? Tidak ada yang tahu sebelum ada yang mencobanya. Sebetulnya untuk melihat apakah reliabilitas dari sebuah data center baik atau tidak tidak perlu dilakukan pencobaan sendiri, anda juga bisa melihat percobaan yang dilakukan oleh customer yang dimiliki oleh data center ini. Mencoba sendiri tanpa melihat feedback yang dimiliki oleh customer  merupakan salah satu hal yang gegabah, mengapa? Hal ini disebabkan karena kontrak yang dibuat dengan agen data center biasanya akan berlangsung selama beberapa tahun. Hal ini akan menyebabkan anda kesulitan ketika ternyata layanan yang diberikan oleh agen tersebut kurang memuaskan. Anda harus menunggu kontrak anda dengan data center Indonesia selesai baru bisa mencari agen data center lainnya.