Printer HP LaserJet Yang Semakin Murah

Hewlett Packard atau HP menjadi salah satu merk printer yang banyak digunakan di kantor-kantor. Printer ini memang sangat cocok untuk berbagai pekerjaan kantoran karena mampu memberikan hasil cetak yang baik, untuk dokumen hitam putih maupun warna. Harga printer HP juga relatif murah jika dibandingkan dengan merk lain pada kelas yang sama. Teknologi LaserJet menjadi salah satu unggulan Hawlett Packard. Merk ini menawarkan berbagai jenis printer LaserJet yang harganya kini semakin murah.

Terknologi LaserJet Pada Printer HP

Printer dengan teknologi LaserJet merupakan printer yang refill-nya berbentuk serbuk, yang disebut toner. Prinsip kerja dari printer ini adalah menggunakan laser untuk memanaskan bagian kertas berdasarkan atas data yang hendak dicetak. Berkat panas dari arus elektrostatis tersebut, maka toner akan menempel pada kertas. Proses ini membuat hasil cetak tidak rusak walaupun terkena air. Perbedaannya dengan printer HP DeskJet dan InkJet adalah digunakannya tinta cair pada kedua jenis printer tersebut.

Biaya operasional dari printer HP LaserJet ternyata sangat ekonomis. Printer ini umumnya bersifat monokromatis atau hanya terdiri dari satu warna. Printer LaserJet berwarna memang ada, tetapi harga printer ini masih relatif mahal jika dibandingkan dengan harga printer HP DeskJet. Hasil cetaknya bisa dibilang super bagus, sehingga disukai oleh percetakan. Tetapi karena proses cetaknya menggunakan panas dari laser, maka tidak semua media bisa digunakan. Lembaran yang berplastik seperti cover buku atau kertas foto tidak cocok untuk printer ini.

Printer LaserJet dapat didiamkan atau tidak dipakai dalam jangka waktu lama. Hal ini dikarenakan tidak akan ada tinta yang mengering saat lama tidak digunakan. Printer ini juga tidak menggunakan cartride yang harganya sangat mahal. Dari penjelasan di atas jelas bahwa untuk kantor-kantor yang banyak mencetak atau print dokumen hitam putih, printer HP LaserJet memang sangat sesuai. Printer ini lebih awet dan tidak mudah rusak dibandingkan InkJet. Proses mencetaknyapun lebih cepat dan biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih kecil.

Spesifikasi dan Harga Printer LaserJet Dari HP

Teknologi LaserJet telah diaplikasikan oleh Hawlett Packard dalam berbagai printer yang diproduksinya. Dengan teknologi ini HP mampu memberikan alternatif teknologi, sehingga printer yang ada di pasaran tidak selalu bergantung pada tinta cair. Diantara printer-printer tersebut, 4 diantaranya akan diulas dalam artikel ini. Spesifikasi dan daftar harga printer HP tersebut adalah:

  1. HP LaserJet Pro CP1025

HP LaserJet CP1025 adalah printer yang mampu mencetak segala macam dokumen warna ataupun hitam putih. Printer yang memiliki resolusi 600×600 dpi ini, mampu memberikan hasil cetak yang sangat baik. Dokumen teks akan dapat ditampilkan secara solid serta tajam. Tulisan dengan font yang berukuran kecil akan dapat dicetak dengan teratur dan rapi. Printer HP ini juga dapat mencetak dokumen grafis atau gambar dengan hasil yang tidak mengecewakan. Hasil cetaknya akan terlihat lebih tajam.

Teknologi Auto On/Off dan Instan-On digunakan dalam HP LaserJet CP1025. Dengan teknologi ini proses cetak dapat dilakukan walaupun printer dalam kondisi idle. Jika digunakan untuk mencetak lembaran kertas dalam jumlah yang cukup banyak, printer akan membutuhkan jeda waktu. Dengan demikian waktu cetak yang dibutuhkan akan lebih lama. Dari segi tampilan, printer HP LaserJet CP1025 terlihat kecil serta sederhana. Akan sangat cocok jika ditempatkan di atas sebuah meja kerja. Printer yang tidak didukung jaringan internet ini memiliki harga 2,5 jutaan.

  1. HP LaserJet Pro M177fw MFP

HP LaserJet M177fw merupakan printer HP yang multifungsi. Selain mencetak, printer ini juga mampu melakukan scan, mengirimkan fax dan foto copy. Hasil scan yang beresolusi 1200 dpi dapat disimpan dalam berbagai jenis file. Pengiriman fax dapat dilakukan dengan kecepatan 33.6 Kbps. Sedangkan jika digunakan untuk foto copy, maka kecepatan dari mesin ini adalah 16 copies dalam tiap menitnya. Kemampuan-kemampuan tersebut membuat printer ini sangat sesuai untuk digunakan di kantor ataupun rumah.

Hasil print dari HP LaserJet M177fw akan terlihat tajam dan berkualitas tinggi. Tekstur cetakannya memiliki konsistensi yang memuaskan. Kapasitas dari tray yang dimilikinya adalah 150 lembar, dengan berbagai ukuran kertas. Printer HP ini dilengkapi dengan layar sentuh yang akan memudahkan proses pengoperasiannya. Kemudahan lain juga dirasakan saat akan melakukan penginstalan, dimana saat kabel pertama kali dihubungkan pada komputer fitur Smart Install yang dimiliki printer akan secara otomatis melakukan penginstalan. 4,5 juta rupiah menjadi harga yang pantas dibandrolkan untuk printer ini.

  1. HP LaserJet Pro MFP M127fn

Mudah digunakan menjadi salah satu keunggulan HP laserJet MFP M127fn. Printer HP yang satu ini memang memiliki berbagai fitur yang mudah untuk digunakan. Hanya menggunakan beberapa sentuhan, proses cetak, pengiriman fax, scanning dan juga foto copy dapat dilakukan dengan cepat. Selain itu printer ini memiliki fitur Smart Install, yang membuat pengguna tidak perlu lagi menggunakan CD maupun file untuk melakukan install printer pada komputer.

Dari segi hasil, HP laserJet MFP M127fn tentu sangat mumpuni. Printer ini mampu memperlihatkan setiap huruf, warna maupun obyek dengan sangat detil. Dalam penggunaannya, printer HP ini sangat efisien. Kecepatan cetak yang dimilikinya adalah 21 ppm. Printer ini juga mampu mencetak hingga 8000 cetakan tiap satu kali pengisian toner. Waktu dan uang Anda akan mengalami penghematan cukup besar dengan menggunakan printer ini. Selain itu HP laserJet MFP M127fn juga dapat terkoneksi wifi, sehingga bisa digunakan dimana saja.

  1. HP laserJet Pro M201dw

Sebuah printer monokromatik hitam putih ditawarkan HP dengan kualitas yang sangat baik. Printer ini memiliki kecepatan cetak 25 halaman dalam setiap menitnya. Printer ini juga dilengkapi dengan fasilitas wifi yang memungkinkan pencetakan dilakukan tanpa kabel dari perangkat smartphone, tablet dan lainnya. Agar penggunaannya dapat lebih mudah dan cepat, printer HP ini memiliki layar LCD yang intuitif dan petunjuk penggunaan yang mudah untuk dipahami.

Kapasitas dari tray HP LaserJet Pro M201dw adalah 250 lembar. Kapasitas ini tentu sangat besar untuk ukuran sebuah printer. Sedangkan untuk jumlah cetakannya, tiap toner mampu menghasilkan 1500 lembar hasil cetakan. Jumlah tersebut tentu sangatlah efisien. Penggunaan daya listrik printer ini juga sangat efisien. Hanya dibutuhkan daya 450watt untuk melakukan printing. Dari segi harga, HP LaserJet Pro M201dw bukanlah produk dengan harga printer HP termurah. 4,6 jutaan menjadi harga dari printer ini.

Spesifikasi printer HP yang telah dibahas di atas memperlihatkan kalau teknologi LaserJet memang mampu memberikan hasil cetak yang sangat baik. Karena itulah saat ini printer dengan teknologi tersebut semakin banyak diburu orang. Apalagi harga Printer yang diberikan oleh HP kini tidak lagi semahal saat teknologi ini mulai dipasarkan. Penurunan harga membuat printer-printer tersebut semakin mampu bersaing untuk memenuhi kebutuhan konsumen.