3 Jenis Alergi yang Sering Diderita Oleh Si Kecil

By | February 27, 2017
Flash Sale

Ada banyak sekali jenis alergi di sekitar Kita yang bisa jadi salah satunya Kita derita, memahami masalah alergi tentu tidak ada ruginya. Sebab beberapa orang sudah menyadari dirinya memiliki allergen sejak kecil namun beberapa ketika di usia dewasa. Alergi ini memang tidak selalu disebabkan faktor genetik sehingga bisa dialami di usia berapapun. Intinya alergi jenis apapun yang dialami baiknya paham bagaimana mengatasinya, tentunya setelah berkonsultasi dengan dokter.

Beberapa Macam Alergi yang Sering Terjadi 

Meskipun jenis atau ragam dari alergi lumayan banyak namun beberapa sering dialami oleh manusia, mulailah memahami jenis-jenis tersebut. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  1. Alergi yang berasal dari makanan,
    Reaksi alergi akibat makanan dikenal dengan istilah reaksi anafilaktik, dimana terjadi perubahan pada kulit yang gatal, kemerahan, dan sebagainya. Kondisi tertentu membuat penderita mengalami kejang, gelisah, dan lain-lain yang meningkatkan resiko kematian. Akibatnya adalah allergen makanan dengan protein tinggi, misal kacang-kacangan, seafood, dan lain-lain.
  1. Alergi pada saluran pernafasan,
    Alergi saluran pernafasan terjadi akibat menghirup aroma tertentu yang menjadi allergen, atau bisa juga karena debu dan bulu hewan. Khusus untuk alergi di saluran pernafasan ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti faktor genetik, kegemukan, penyakit pernafasan akibat serangan virus, riwayat keluarga dengan penyakit asma, dan sebagainya. Apabila terjadi kontak dengan allergen maka akan terjadi penyempitan pada saluran pernafasan. Sehingga sekilas penderitanya akan terlihat memiliki penyakit asma, namun sebenarnya berbeda.
  1. Alergi yang terjadi pada kulit,
    Sebagian penderita alergi memiliki alergi pada kulit sehingga kulit cenderung lebih sensitif dari orang normalnya. Alergi ini sering terlihat muncul benjolan berwarna merah disertai rasa gatal beberapa bisa tersebar ke beberapa bagian tubuh. Alergi kulit ini dikenal dengan nama urtikaria yang terjadi karena kontak dengan allergen. Baik dengan zat cair, padat, atau bahkan perubahan suhu yang tidak bisa diterima oleh tubuh secara normal. Apabila menjumpai adanya gejala dari salah satu jenis alergi baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk kendalikan alergi si kecil.
Flash Sale