Trik Komputer Menghilangkan Virus Tanpa Harus Install Antivirus

Perangkat komputer memang tak ubahnya seperti tubuh manusia yang juga rentan mengalami kerusakan, sehingga ada baiknya pengguna juga melakukan perawatan secara tepat untuk membuatnya hidup lebih lama atau awet. Memang benar ketika Anda membeli perangkat teknologi dengan merk ternama memberikan kualitas yang juga bagus, ia bisa tahan lebih lama, namun tak ada yang menjamin ketika penggunanya sendiri tidak merawatnya dengan benar. Sedikit tips trik komputer juga harus diketahui sehingga ketika terjadi masalah, maka Anda tak perlu membawanya ke tempat service dan mengeluarkan biaya, jika memang masih biasa diperbaiki sendiri.

Mungkin sudah sangat banyak diantara Anda yang sering mengalami masalah dengan virus yang menyerang program komputer, virus tersebut bisa menjangkitinya dari mana saja, mulai dari penggunaan USB bersama, kemudian juga bisa jadi ketika tengah digunakan menjelajah ke dunia maya, virus tersebut akan masuk dan menyerang sistem komputer. Sebagian diantaranya sebenarnya aman dan bisa dengan mudah dijinakkan. Namun juga ada yang sulit untuk dihilangkan, sehingga bisa merusak sistem.

Virus-virus yang umum menyerang komputer sendiri sebenarnya sudah dibekali dengan perlindungannya yang bisa dengan mudah diinstall, yaitu sebuah antivirus, program ini bisa dengan mudah Anda unduh di internet kemudian diinstall pada PC. Namun juga harus diketahui bahwa beberapa diantaranya tak mempan untuk jenis-jenis virus tertentu. Sehingga Anda harus memberikan perlindungan ekstra dengan antivirus tambahan.

Tak jarang juga beberapa diantara virus yang menyerang komputer sebenarnya bisa dengan mudah dihilangkan tanpa harus menginstal antivirus, berikut ini caranya:

File yang ada dalam harddisk atau flashdisk menjadi hilang, cara mengatasinya adalah:

  1. Masuk ke bagian menu My Computer, pilih Organize, lalu bagian folder kemudian search.
  2. Anda bisa mengeklik tab View, pilih show hidden file.
  3. Hilangkan bagian checklist bagai hide protected operating system
  4. Klik apply dan oke, maka secara langsung bagian folder atau file yang hilang tersebut akan kembali.

 Task manager Anda hilang, jangan khawatir ini cara untuk mengatasinya 

  1. Klik tombol start kemudian ketik regredit, lebih mudah bisa mengandalkan tombol Windows+R dan tekan Regredit.
  2. Klik bagian menu Edit dan pilih Find.
  3. Ketikkan DissableTaskMgr, ketika angka Valuenya 1 maka bisa diubah menjadi 0, secara langsung bagian yang hilang tersebut akan muncul kembali.

Patut untuk diketahui bahwa sebenarnya file-file yang hilang dari komputer tersebut merupakan sebuah proteksi, dimana ada beberapa virus yang mengancam, sehingga sistem komputer dengan sendirinya akan menghilangkan file yang bersangkutan. Namun tak sepenuhnya hilang karena masih bisa dimunculkan kembali. Trik komputer dasar semacam ini wajib untuk diketahui, jadi jangan panik terlebih dahulu.