Soto Banjar, Kuliner yang Kaya akan Rempah Khas Kalimantan Selatan

By | April 16, 2020

Soto banjar

Kalimantan merupakan salah satu pulau di Indonesia yang mempunyai berbagai ragam pesona wisata yang mempesona. Namun, ternyata tidak hanya wisatanya, di Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan juga terdapat berbagai kuliner yang mampu menggoyang lidah para penikmat masakan buat para wisatawan, salah satunya adalah Soto Banjar.

Makanan khas Kalimantan Selatan ini memang sangat terkenal banyak sekali digemari oleh orang-orang Indonesia. Soto Banjar sendiri berisi berbagai aneka bahan, seperti telur rebus, bihun, ayam kampung, dan juga taburan bawang goreng yang membuatnya semakin menggugah selera untuk dinikmati.

Jika anda berkunjung ke Kalimantan selatan khususnya kota Banjarmasin, maka sangat kurang lengkap rasanya jika anda belum mencicipi kuliner khasnya ini. Salah satu yang terkenal yaitu Soto Banjar.

Soto Banjar adalah salah satu dari sekian banyaknya masakan tradisional dari Kalimantan selatan, khususnya Banjarmasin. Soto Banjar merupakan salah satu kuliner yang terkenal di seluruh Indonesia. Agak berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia, soto banjar ini memiliki keunikan dalam hal penyajian dan cita rasanya.

Soto Banjar menggunakan ayam kampung sebagai bahan pamungkasnya. Bumbu yang sudah di haluskan berupa bawang putih, bawang merah, merica. Dan bumbu rempah yang digunakan yaitu berupa cengkeh, kapulaga, pala dan kayu manis. Pada proses pembuatannya saja, ayam kampung direbus bersama dengan daun salam, garam, serta jahe hingga menjadi empuk. Setelah ayamnya empuk kemudian di angkat, lalu bumbu yang sudah dihaluskan serta bumbu rempah-rempah tadi ditumis hingga beraroma harum lalu dimasukan kedalam air kaldu ayam. Dari campuran bumbu yang sudah ditumis & kaldu ayam tadi akan memberikan aroma serta cita rasa sedap dan yang menggugah rasa pada kuah Soto Banjar.

Berbagai bahan-bahan pelengkap yang akan digunakan seperti ketupat yang di potong kecil, irisan telur rebus, mie soun, perkedel kentang,batang seledri dan daun bawang. Dan pada proses penyajiannya, ayam kampung yang sudah matang tadi disuwir – suwir. Lalu mie soun, perkedel kentang serta ketupat tadi disiapkan ke dalam piring/mangkok bersama ayam yang sudah disuwir-suwir tadi. jangan lupa juga taburkan irisan-irisan batang seledri serta daun bawang. Lalu bahan yang sudah di masukan kedalam piring/mangkok tersebut ditambah dan disiram dengan kuah. Untuk bisa menambah cita rasa, kita juga bisa menggunakan Kecap manis, jeruk nipis, sambal serta bawang goreng

Cita rasa dari Soto Banjar  khas kalimantan selatan ini memang sangat unik. Rasa gurih dari kaldu ayam dan bumbu yang sudah menyatu dalam kuah soto yang bisa memberikan cita rasa yang kuat pada masakan Soto Banjar ini. Selain itu juga perpaduan antara bahan pelengkap yang terdiri dari berbagai macam tadi membuat sensasi yang akan berbeda saat anda menyantapnya. Menu yang satu ini sangat nikmat ketika anda santap saat siang hari yang panas terik, bisa ditemani dengan teh manis serta kerupuk yang membuat makan siang anda menjadi lebih nikmat.

Kuliner yang satu ini bisa kita temukan di warung-warung soto di Banjarmasin. Dalam perkembangannya, menu satu ini tak hanya populer di Kalimantan selatan saja, makanan yang satu ini sudah menyebar ke seluruh daerah-daerah di pulau Kalimantan lainnya dan juga di Indonesia. Banyak sekali penjual yang menjual menu sato banjar yang satu ini untuk memuaskan rasa rindu akan masakan soto banjar ini.