Cara Menggosok Gigi yang Baik dan Benar

By | December 20, 2020

urutan menggosok gigi yang benar

Menggosok gigi merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan untuk mejaga kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut. Bukan hanya membuat gigi bersih dan juga berguna untuk menghilangkan bau mulut, menggosok gigi dengan cara yang baik dan benar juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada gusi, bisa mencegah kerusakan gigi, serta mengurangi resiko terkena gigi sensitif. Untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut, menggosok gigi dengan rutin saja tidaklah cukup. Cara menggosok gigi juga harus benar, karena jika tidak dilakukan dengan bebar, gigi dan gusi dapat mengalami masalah.

Kapankah waktu terbaik untuk kita menggosok gigi? Setidaknya dua kali sehari gogok gigi, setelah anda sarapan pagi dan juga sebelum tidur. Anda juga dapat menggosok gigi setelah menyantap makan siang ataupun makanan lain. Ingatlah untuk menunggu sekitar 30 menit setelah anda mengonsumsi makanan dan minuman berasam, seperti buah-buahan asam, jus buah atau anggur. Jika Anda menggosok gigi terlalu awal, sementara kandungan asam pada buah-buahan masih berpotensi menyerang email gigi anda, tentu saja beresiko lebih rentan merusak gigi.

Cara menggosok Gigi yang Baik dan Benar

Sebelum anda mulai untuk menggosok gigi, basahi dulu sikat gigi dengan air, lalu oleskan pasta gigi secukupnya di permukaan bulu sikat. Bila sudah siap, mari ikuti langkah-langkah dan urutan menggosok gigi yang benar berikut ini untuk menggosok gigi dengan cara yang tepat:

1. Awali dari seluruh geraham

Setelah sikat gigi dibasahi dan dioleskan pasta gigi secukupnya, sikatlah dulu bagian luar gigi geraham pada perbatasan gusi dan gigi dengan gerakan memutar selama kira-kira sekitar 20 detik.

Setelah itu, gosok gigi geraham dari atas menuju bawah, mulai dari batas gusi hingga pada ujung gigi, untuk menghilangkan plak dan juga sisa makanan di permukaan dan juga sela-sela gigi anda. Lakukan selama sekitar 20 detik.

Ulangi dan lakukan kedua gerakan tersebut pada semua bagian luar gigi geraham anda, baik sisi atas maupun sisi bawah. Setelah itu, ulangi lagi langkah yang sama pada bagian dalam gigi geraham anda.

2. Sikat gigi bagian depan

Setelah semua bagian gigi geraham selesai digosok, arahkan lagi sikat ke gigi depan bagian luarnya. Gerakkan sikat gigi secara melingkar dan perlahan hingga semua permukaan gigi depan anda terkena sikat, agar sisa makanan dan juga plak yang menempel dapat ikut tersapu bersih.

Kemudian, gosok juga bagian dalamnya dengan gerakan arah vertikal (ke bawah dan ke atas) atau seperti anda sedang mencangkul, baik pada deretan yang atas maupun deretan bawahnya. Ulangi lagi cara menggosok gigi ini sebanyak 2 hingga 3 kali pada masing-masing sisi.

3. Sikat permukaan gigi geraham yang dipakai untuk mengunyah

Pada permukaan gigi geraham yang digunakan untuk mengunyah memiliki ukuran yang lebih lebar dan agak cekung, sehingga membuat makanan untuk menempel di sana. Sikat permukaan gigi geraham ini dengan gerakan memutar agar sisa-sisa makana bisa terangkat dari cekungan permukaan gigi.

4. Sikat pada area lidah dan juga sisi dalam pipi
Setelah semua gigi anda tersikat, jangan lupajuga untuk menggosok permukaan lidah dan sisi di dalam pipi dengan sikat gigi atau sikat lidah. Sisa makanan serta bakteri penyebab bau mulut bisa saja masih menempel pada area ini, sehingga Anda juga perlu menggosoknya secara lembut.

5. Bersihkan sela-sela gigi menggunaka benang gigi
Agar perawatan gigi dan mulut anda lebih maksimal, maka disarankan untuk lanjut membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi. Benang gigi bisa digunakan untuk mengangkat sisa-sisa makanan yang mungkin saja masih terselip di sela-sela gigi yang sempit dan tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi saat anda menggosok gigi.