Tips Menjaga Kesehatan Jantung Sejak Dini

By | December 17, 2020

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyebab utama kematian. Meskipun penyakit jantung koroner paling banyak terjadi pada kelompok umur 65 tahun ke atas, namun bukan berarti kita lengah menjaga kesehatan.

Karena itu, Moms juga perlu mencari tahu bagaimana cara menjaga kesehatan jantung. Mengutip Heart, mencegah penyakit jantung (dan semua penyakit kardiovaskular) berarti membuat pilihan cerdas yang akan memberikan hasil seumur hidup.

Kurang olahraga, pola makan yang buruk dan kebiasaan tidak sehat lainnya dapat berdampak buruk selama bertahun-tahun.

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

Siapa pun, di usia berapa pun, Moms dapat memperoleh manfaat dari langkah-langkah sederhana sebagai cara menjaga kesehatan jantung selama setiap dekade kehidupan.

Yuk jaga kesehatan jantung dengan menerapkan cara sehat berikut ini.

1. Konsumsi makanan sehat
Beri asupan makanan yang kaya akan nutrisi dan hindari kalori berlebih. Kurangi mengonsumsi minuman kaleng dengan pemanis buatan yang banyak mengandung kalori kosong dan tinggi bahan pengawet. Sebagai gantinya, perbanyak makan sayur dan buah secara rutin agar memberi dampak baik bagi kesehatan jantung. Selain itu, ganti camilan atau makanan ringan dengan kacang-kacangan karena mengandung protein dan lemak sehat.

2. Rutin berolahraga
Dalam seminggu, orang dewasa memerlukan setidaknya 30 menit untuk berolahraga setiap harinya. Tak perlu melakukan olahraga berat, cukup berjalan kaki selama 10 menit, bermain sepak bola dengan anak-anak Anda, atau berkebun juga sudah bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk bergerak.

Intinya, tubuh diharuskan untuk aktif melakukan kegiatan yang dapat menjaga jantung untuk tetap sehat dan kuat.

3. Stop merokok
Banyak dampak buruk yang disebabkan akibat merokok, seperti kanker mulut, paru-paru, hingga penyakit jantung. Apabila masih merokok namun pernah terkena serangan jantung sebelumnya, akan meningkatkan risiko kematian lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Bagi pecandu rokok yang kesulitan menghilangkan kebiasaan buruk ini, baiknya konsultasikan pada dokter atau konselor untuk dapat sepenuhnya berhenti merokok.

4. Kurangi berat badan berlebih
Tak perlu diragukan lagi bahwa obesitas atau kegemukan selalu erat kaitannya dengan penyakit kardiovaskular. Orang bertubuh gemuk cenderung terserang penyakit jantung koroner dibandingkan orang dengan orang berberat badan normal.

Menurut American Heart Association, kegemukan meningkatkan gangguan detak jantung stroke, gagal jantung, dan pembekuan darah. Oleh sebab itu, disarankan untuk menghilangkan beberapa kilogram berat tubuh Anda akan menjaga jantung untuk tetap sehat.

5. Kelola stres
Jangan remehkan stres yang mungkin disepelekan efeknya pada tubuh. Padahal stres juga bisa menjadi momok bagi kesehatan jantung. Ketika stres, detak jantung akan meningkat, otot menegang, dan tekanan darah menjadi naik.

Jika hal ini berlangsung dan dibiarkan dalam waktu yang lama, tentu akan memengaruhi kesehatan jantung Anda. Biarkan diri untuk bersantai sambil menikmati udara segar untuk melepas penat sejenak dari segala aktivitas atau kepenatan saat bekerja. Bisa juga mengombinasikan aktivitas santai namun menyehatkan jantung seperti bersepeda.