Tips Untuk Menjaga Kesehatan Otot

By | December 19, 2020

apa itu pengertian otot

Masalah otot sering kali disepelekan, padahal badan suka pegal-pegal yang menandakan ada masalah pada otot yang dapat berakibat pada daya tahan tubuh mudah kelelahan dan sakit.

Manusia menggunakan otot-ototnya sejak bangun hingga kembali tidur lagi. Memiliki otot tubuh yang sehat serta kuat membuat Anda bebas bergerak dan juga menikmati berbagai aktivitas dengan leluasa. Supaya Anda terhindari dari berbagai gangguan pada otot, seperti kram otot, nyeri otot dan otot lemah, berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan otot yang bisa anda lakukan pada kegiatan sehari-hari.

Namun sebelum kita membahasĀ  tips cara menjaga kesehatan otot, kita harus tahu apa itu pengertian otot, menurut wikipedia Otot adalah bagian dari jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yakni otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Untuk menjaga kesehatan otot tidak selalu harus dengan mengolah tubuh di gym yang memakan banyak biaya. Ada beberapa tips ampuh untuk bisa menjaga kesehatan otot anda, seperti berikut:

1. Pertahankan berat badan ideal anda

Percaya atau tidak, ternyata memiliki berat badan yang berlebih penyebab anda sering nyeri otot, Anda sebaiknya juga rutin untuk berolahraga minimal 30 menit dalam sehari. Anda bisa juga melakukan setidaknya sebanyak 5x dalam seminggu. Tujuannya yaitu untuk membakar kalori ekstra yang menyebabkan berat badan anda naik.

Saat berat badan berada pada angka normal, Anda telah berusaha agar otot tidak mudah merasa nyeri dan mencegah berbagai masalah kesehatan lainnya.

2. Mencukupi kebutuhan air

Kekurangan konsumsi air dapat berimbas pada gangguan penyerapan nutrisi oleh otot anda. Otot tubuh akhirnya tidak lsgi dapat menyerap kalium dan magnesium yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh anda.

Kekurangan konsumsi air, khususnya setelah anda berolahraga, itu akan membuat tubuh Anda cepat lelah dan menimbulkan kram otot. Bahkan, dehidrasi juga bisa memicu lemah otot dan hilangnya koordinasi tubuh.

Maka dari itu, untuk bisa menjaga kesehatan otot anda, maka perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda yaitu dengan mengonsumsi setidaknya dua liter air atau setara dengan delapan gelas air mineral.

3. Mempraktikkan postur tubuh dengan baik dan benar

Penyebab nyeri otot salah satunya adalah kebiasaan melakukan postur tubuh yang salah, baik ketika sedang duuk, berdiri, maupun saat berbaring. Jika ingin mengatasi rasa sakit tanpa mengkonsumsi obat nyeri otot, cobalah untuk membiasakan diri untuk melakukan postur tubuh yang baik dan benar.

Saat anda berada dalam posisi duduk, cobalah anda duduk dengan posisi tegak sambil merilekskan pundak. Selama mengendarai mobil, gunakan sandaran jok untuk menopang punggung Anda. Ketika berdiri, jangan membungkuk dan bertumpu pada lutut. Biasakan diri Anda untuk berdiri tegak dengan pundak yang rileks.

4. Rutin berolahraga

Menurut University of Michigan, jika anda ingin menjaga kesehatan otot, rutinlan untuk berolahraga. Banyak gerakan ketika anda berolahraga dapat melatih otot, namun ada beberapa jenis latihan tertentu yang bisa anda terapkan dan lebih efektif untuk menjaga kesehatan otot.

Contohnya, latihan aerobik seperti berenang, jogging, dan badminton cukup efektif untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot anda, bberfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, dan juga membakar lemak pada tubuh.

Pastikan anda selalu melakukan pemanasan & pendinginan setiap sebelum dan juga sesudah anda berolahraga. jangan membiasakan untuk mengabaikan pemanasan & pendinginan karena bisa menyebabkan cedera pada otot dan tulang.

Lakukanlah setiap gerakan dengan baik dan benar, karena jika tanpa pemanasan dan pendinginan, risiko Anda mengalami nyeri otot akan menjadi lebih besar.

5. Mengonsumsi sumber makanan yang bisa menyehatkan otot

Makanan yang baik dan sehat untuk kesehatan otot tidak harus kaya protein, tetapi juga harus mengandung karbohidrat dan juga lemak dengan jumlah yang seimbang. Jika Anda termasuk orang yang aktif dalam berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya, maka Anda perlu memperbanyak konsumsi makanan ini agar bisa menggantikan kalori yang hilang.

Contoh makanan yang banyak mangandung nutrisi yang bisa Anda coba adalah telur, tuna, salmon, kacang, daging merah, dada ayam dan polong-polongan, serta keju. Anda juga dapat mengonsumsi bubuk protein jika perlu, tapi harus disesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan tubuh Anda ya.

Untuk tetap bisa menjaga kesehatan otot anda, perhatikan juga asupan vitamin umtuk tubuh anda, seperti vit. D yang dapat membantu tubuh dalam penyerapan kalsium, sehingga sangat baik untuk kesehatan otot dan tulang. karena jika anda kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan nyeri otot pada tubuh anda.