4 Jenis Kamera Digital yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

By | September 18, 2017

Berbicara mengenai sebuah media sosial, maka tak akan bisa dipisahkan dari kebiasaan masyarakat dalam berfoto, mengunggah gambar ataupun juga video. Untuk mendapatkan hasil gambar atau video yang berkualitas tentunya tak cukup hanya dengan menggunakan sebuah kamera ponsel biasa. Melainkan akan lebih bagus jika menggunakan sebuah kamera digital

. Salah satu produk kamera yang sudah tak bisa diragukan lagi kualitasnya. Meskipun belakangan ini banyak diantara vendor smartphone yang menyisipkan kamera beresolusi tinggi pada produknya, namun hasil gambar yang didapat pastinya tetap kalah jika dibandingkan dengan kamera jenis digital.

Karena produk kamera tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi yang tinggal tak hanya masalah resolusinya saja yang tajam, melainkan juga bisa mengatur autofocus hingga jumlah cahaya yang masuk ke dalamnya. Jadi hasil gambar yang didapatkan juga jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera pada umumnya. Tak heran jika harganya sendiri di pasaran juga masuk dalam kategori yang cukup mahal.

Setidaknya ada beberapa tipe digital kamera ini yang banyak dijual di pasaran, agar tak salah dalam memilih, maka simak dulu informasinya berikut ini:

  1. Compact digital kamera, lebih dikenal juga dengan kamera saku, karena ukurannya yang sangat kecil, hanya sebesar genggaman orang dewasa. Kamera yang satu ini bisa dibawa kemana-mana dengan harga yang terjangkau. Fiturnya tak kalah dibandingkan dengan DSLR, hanya saja ia masih belum dilengkapi dengan sebuah lensa untuk mengatur focus dan juga zoom in maupun zoom out.
  2. Bridge camera, seri yang satu ini berada satu tingkatan di atas compact, dimana ia sudah dilengkapi dengan body yang lebih besar dan fiturnya juga sudah lebih canggih, namun belum secanggih produk DSLR, meskipun dari segi modelnya sama, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil. Produknya sudah menggunakan lensa seri DSLR dan biasanya sering kali dibawa kemana-mana untuk kebutuhan travelling.
  3. Kamera DSLR, seri digital yang banyak diburu oleh mereka pecinta fotografi, karena jika melihat dari segi fiturnya sendiri ia adalah yang paling canggih dibandingkan dengan yang lainnya, bodynya masuk cukup besar. Namun hasil jepretannya memang tak bisa dipungkiri kualitasnya. Harga jualnya juga di atas 5 jutaan rupiah.
  4. Kamera mirrorless, kamera ini baru-baru muncul di tahun 2008, hingga sekarang sudah cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Sebenarnya hampir sama dengan DSLR, hanya saja produk mirrorless ini seperti namanya tak dilengkapi dengan sebuah kaca atau cermin sehingga lebih ringan. Bentuknya juga hampir sama dengan DSLR.

Sebelum memutuskan untuk membeli setidaknya kenali dulu kebutuhan Anda akan kamera digital tersebut, juga keunggulan dan kelemahan masing-masing produknya. Tak kalah penting menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.