Tips dan cara merawat jam tangan kesayangan kamu

By | December 27, 2021

Selain berfungsi sebagai salah satu alat penunjuk warktu, jam tangan menjadi salah trend fashion yang disukai oleh pria dan juga wanita, apalagi  jika jam tangan yang digunakan mempunyai fitur dan desain yang menawan. Misalnyaa jam tangan bahan stainless steel  untuk casual look dan jam tangan sport yang memberikan kesan sporty, sama dengan aksesoris lainnya jam tangan kamu juga perlu dirawat lo. Dan berikut beberapa tips cara merawat jam tangan kamu.

  1. Bersihkan jam tangan secara rutin
    jam tangan mudah tertempel debu dan kotoran karena sering dipakai setiap hari, gunakan tissue basah untu, mebersihkan bagian luar jam tangan berbahan karet, plastic atau stainless. Gunakan sikat gigi dan sabun untul menyikat tali jam tangan berbahan stainless steel  dan untuk jam tangan berbahan kulit kamu bias menggunakan campuran cuka putih dan air hangat dengan mengetsnya diarea kecil, tapi hati-hati saat membersihkan menggunakan cairan, hindari membasahi bagian mesin karena dapat merusak jam tangan kamu.
  2. Jauhkan jam tangan dari gelombang magnet
    Jauhkan jam tangan dari area yang berdekatan dengan alat electronik lan yang menganduk gelombang magnet, karena gelombang electronic dapat mempengaruhi perputaran arah jarum jam bergerak lambat.
  3. Hindari dari guncangan kuat
    hindari jam tangan jatuh pada permukaan yang keras, karena jam tangan merupakan instrument yang sensitive. Selain itu kamu sebaiknya tidak menggunakan jam tangan untuk berenang di laut, mandi atau sauna, karena air laut dan air sabun dapat merusak jam tangan kamu.
  4. Simpan jam tangan di tempat kering
    Setelah selesai dibersihkan, simpan jam tangan di tempat yang kering. Tempat penyimpanan yang lembap dapat menyebabkan stainless steel menjadi cepat kusam dan lama kelamaan akan merusak mesin jam tangan. Simpan di dalam boks yang dilengkapi dengan silica gel untuk menjaganya tetap kering. Hindari menyimpan di sekitar benda elektronik yang dapat mengganggu ketepatan waktu pada jam tangan.
  5. Hindari jam tangan dari paparan parfum ataupun lotion
    Selalu lepaskan jam tangan sebelum penggunaan parfum maupun lotion. Zat kimia yang terkandung di dalam parfum atau lotion dapat merusak warna stainless steel dan mebuat jam tangan cepat kusam. Produk perawatan kulit lainnya juga sebaiknya dilakukan beberapa saat sebelum mengenakan jam tangan.

Nah itulah tadi beberapa tips cara merawat jam tangan agar awet dan tahan lama.