Tips Melakukan Interview Pekerjaan

Interview atau wawancara merupakan tahap penting yang harus anda lalui ketika melamar suatu lowongan pekerjaan. Interview dapat menentukan diterima atau tidaknya seseorang dalam dunia kerja. Karena interview merupakan tahap penting yang menentukan perekrutan karyawan dalam setiap perusahaan, otomatis hal ini perlu dipersiapkan dengan matang supaya hasil yang anda dapatkan terasa memuaskan dan sesuai dengan harapan. Di bawah ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika akan menghadapi interview pekerjaan, antara lain:

  1. Persiapkan fisik dan mental.

Mempersiapkan kondisi fisik merupakan hal yang sangat penting ketika akan melakukan wawancara kerja. Sebelum hari H tiba, anda perlu menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Bila perlu, konsumsilah vitamin dan minum air putih yang cukup sehingga badan selalu bugar dan tidak sakit ketika akan wawancara. Selain itu, jangan lupa untuk berdoa agar mental anda menjadi lebih matang untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan pada saat sesi wawancara.

  1. Perhatikan penampilan.

Memilih pakaian yang tepat dan rapi ketika akan wawancara sangatlah penting untuk menggambarkan kepribadian anda. Cara berbusana yang rapi dan sopan akan menunjukkan sikap calon karyawan yang sangat diinginkan oleh perusahaan. Jangan lupa tata lah rambut atau kerudung dengan baik dan sopan, gunakan make up yang tepat dan pilih alas kaki yang formal untuk memberikan kesan profesional dalam bekerja. Menggunakan parfum juga dapat menambah rasa percaya diri anda ketika berhadapan dengan orang banyak.

  1. Datang lebih awal dari waktu yang ditentukan.

Datang tepat waktu ketika wawancara kerja sangatlah penting. Sebaiknya, usahakanlah anda tiba di tempat wawancara sekitar 15 sampai 20 menit sebelum wawancara dimulai. Dengan waktu yang tersedia, anda bisa memahami situasi dan kondisi yang ada di tempat wawancara sehingga anda lebih siap dan tidak akan gugup ketika menjalankannya. Jangan lupa pastikan pihak pewawancara telah mengetahui bahwa anda telah tiba di tempat tersebut. Jangan sampai anda terlambat datang dan mengacaukan semua tahap wawancara kerja yang menjadi langkah terakhir anda untuk segera mendapat pekerjaan.

  1. Berbahasa yang sopan dan jelas.

Dalam melakukan wawancara kerja, kemampuan berbahasa sangat penting dan perlu anda lakukan dengan maksimal. Jawablah setiap pertanyaan yang dilontarkan dengan kata-kata yang jelas dan tersusun sehingga maksud dari jawaban anda dapat dipahami dan tersampaikan pada pihak pewawancara dengan baik. Dengan demikian, setiap jawaban yang anda berikan dapat diterima dan juga dimengerti.

  1. Perhatikan gerak-gerik tubuh.

Bahasa tubuh dan sikap yang santun dalam melakukan tahap wawancara pekerjaan perlu diperhatikan dengan baik supaya tidak memberikan kesan kaku. Berikut ini beberapa gerak-gerik tubuh yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Ketika memasuki ruangan, berikan salam dan senyuman.
  • Jangan lupa jabat tangan dengan pihak pewawancara dan sebutkan nama sebagai bentuk perkenalan.
  • Jangan duduk sebelum dipersilahkan.
  • Posisikan tubuh dengan tegak, santai dan sopan ketika duduk.
  • Tatap mata dan wajah pewawancara ketika melakukan tanya jawab.
  • Ketika selesai, jabat tangan dan ucapkan terimakasih pada pewawancara.

Itulah beberapa tips penting yang perlu anda lakukan ketika melakukan tahap wawancara kerja. Hal-hal tersebut sangat penting dan perlu dilakukan supaya semua berjalan lancar sehingga anda lulus dan diterima sebagai karyawan baru di perusahaan yang anda inginkan. Beberapa tips wawancara tersebut perlu anda terapkan ketika akan melamar lowongan kerja hari ini dan juga seterusnya.

https://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Melakukan-Interview-Pekerjaan.jpghttps://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2015/06/Tips-Melakukan-Interview-Pekerjaan-150x150.jpgASCBisnisJob Id,lowongan kerja hari ini,Tips Mencari PekerjaanInterview atau wawancara merupakan tahap penting yang harus anda lalui ketika melamar suatu lowongan pekerjaan. Interview dapat menentukan diterima atau tidaknya seseorang dalam dunia kerja. Karena interview merupakan tahap penting yang menentukan perekrutan karyawan dalam setiap perusahaan, otomatis hal ini perlu dipersiapkan dengan matang supaya hasil yang anda dapatkan...Information of Technologi, Computers, Internet, Gadget, Network