Cara Agar Blogspot.co.id Tetap Redirect Ke Blogspot.com

By | September 3, 2015
Flash Sale

Hari ini tadi para blooger khususnya blogger Indonesia banyak yang kebingungan dengan nama ccTLD pada blogspot yang mereka miliki karena domain mereka yang biasanya adalah blogspot.com tiba-tiba semuanya keredirect ke blogspot.co.id salah satunya teman di facebook saya yang bertanya ke saya, karena saya belum tau saat ini caranya jadi saya jawab “wah saya nggak pernah pasang di blogspot kang”, namun karena penasaran juga akhirnya saya cari juga caranya dan juga dari komentar teman-teman yang lain sehingga saya membuat postingan ini untuk bisa membantu teman-teman lainnya yang mungkin juga sedang dalam masalah yang sama, dampak yang terjadi hari ini adalah hilangnya Page Rank(PR) dan juga bagi pemain Google Adsense (Hosted) dimana iklannya tidak muncul pada blog mereka yang masih bersubdomain blogspot.com, tentu saja ini membuat revenue blogger Indonesia hilang sementara waktu. Masih belum diketahui penggunaan ccTLD .co.id ini nantinya akan bisa lagi memunculkan iklan GA kembali yang menurut saya masih dalam proses running hari pertama, semoga saja nanti ccTLD co.id ini bisa memunculkan iklan GA lagi. Sebenarnya ccTLD sudah berjalan di negara-negara lainnya sesuai dengan kode negara masing-masing, untuk blogspot.com saat ini akan muncul jika menggunakan IP/Proxy Amerika.

Contohnya :

Indonesia : contoh.blogspot.co.id
India: Contoh.blogspot.in
Australia: contoh.blogspot.com.au
New Zealand: contoh.blogspot.co.nz
United Kingdom: contoh.blogspot.co.uk
Germany: contoh.blogspot.de
France: contoh.blogspot.fr
Spain: contoh.blogspot.com.es
Japan: contoh.blogspot.jp
Brazil: contoh.blogspot.com.br
Mexico: contoh.blogspot.mx
Argentina: contoh.blogspot.com.ar
Italy: contoh.blogspot.it

ccTLD co.id ini hanya akan terbaca jika kita menggunakan IP Indonesia saja, dan jika diakses melalui IP luar maka ccTLD ini akan menyesuaikan negara yang mengakses, sama seperti halnya saat kita membuka google maka secara otomatis kita akan diarahkan ke google.co.id Namun bagi sobat yang ingin ccTLD blogspotnya tetap terbaca com karena ingin mempertahankan Page Rank dan ccTLD blogspot.com bisa mengikuti langkah singkat dibawah ini agar tetap menuju ke blogspot.com.

  1. Login ke Blogger.com
  2. Cari Blog yang ingin diedit
  3. Cari Menu Template dan klik tombol edit HTML edit
  4. Cari dalam halaman edit template ini kode </head> dan masukkan kode script di bawah ini tepat diatasnya kode </head> tersebut.

<script type=”text/javascript”>// <![CDATA[
var blog = document.location.hostname; var slug = document.location.pathname; var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf(“.”)); if (ctld != “.com”) { var ncr = “http://” + blog.substr(0, blog.indexOf(“.”)); ncr += “.blogspot.com/ncr” + slug; window.location.replace(ncr); }
// ]]></script>

Atau bisa download dari link dibawah ini.

Download Script Cara Agar Blogspot.co.id Tetap Redirect Ke Blogspot.com

  5. Simpan dan selesai.

Demo : Demo

Info terkait dari Google silahkan baca disini
https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=en – My blog redirects to a country-specific URL (ccTLD)

This change may cause crawlers to find Blogspot content on many different domains. Blogger is making every effort to minimize negative consequences of hosting Blogspot content on multiple domains. Search engines should consider the blogspot.com version of your blog to be the official one.

Terlepas dari aman atau tidak mungkin sobat bisa cari lagi referensi dari google. Sudah ada beberapa teman blogger yang lain menggunakan trick ini agar iklan google adsensennya tetap muncul.

N/B : Pantau terus tentang redirect ke blogspot.co.id ini ya, siapa tau besok, lusa atau kemudian hari sobat tidak perlu lagi kawatir tentang blogspot.co.id ini tidak memunculkan iklan. Google pasti akan menyesuaikan perubahan ini ke semua layanan milik google sendiri, sehingga kita tidak perlu kawatir akan redirect ini lagi.

 

Reff script

Flash Sale