Peran Penting Pengertian Keluarga

pentingnya keluargaPeran Penting Pengertian Keluarga – Banyak orang takut menikah karena melihat orang lain gagal. Mereka takut tidak bisa mencapai mimpi untuk mewujudkan pengertian keluarga yang ideal. Apalagi jika hidup di kota besar yang cenderung banyak tekanan. Baik dari sisi ekonomi maupun sisi moral. Seperti misalnya harus rela bekerja seharian, bahkan juga hari libur, untuk bisa meraih posisi tertentu dan memenangkan kompetisi. Sampai akhirnya lupa kapan terakhir kali memiliki waktu bersantai. Ditambah jika harus membangun sebuah keluarga. Pasti banyak hal yang berkecamuk di pikiran mereka yang takut menikah ini.

Sebenarnya, ketakutan ini tak perlu. Memang, tekanan sosial yang dihadapi saat ini semakin kompleks jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Tapi hal ini bisa disikapi paling tidak dengan cara seperti ini:

  1. Mulai menanamkan di dalam pikiran dan hati, bahwa keluarga lah yang menjadi awal memulai sesuatu dan menjadi tempat kita mengakhiri hal tersebut.
  2. Berlakulah adil pada diri sendiri dengan menjalani sesuatu yang seimbang. Yaitu dengan membagi waktu antara karir, waktu untuk pribadi maupun keluarga, dan juga berolahraga.
  3. Tidak ada kehidupan yang sempurna. Tapi yang ada adalah belajar dari ketidaksempurnaan tersebut.

Tidak mudah memang melakukan hal seperti ini. Tetapi inilah yang harus dicoba untuk dilakukan dan diusahakan jika ingin mendapatkan arti dari keluarga yang diinginkan. Yaitu keluarga yang memiliki hal-hal seperti ini:

  • Menjadi tempat yang penuh cinta,
  • Menjadi tempat untuk saling mendukung dan membutuhkan satu sama lain,
  • Menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta,
  • Tidak menjadi tempat untuk saling menghakimi antara anggota keluarga.

Masih banyak lagi yang mungkin diimpikan oleh masing-masing orang bagaimana keluarga yang ideal. Tapi intinya adalah satu hal, butuh kemauan dan kerja keras untuk mendapatkan apa yang kita impikan tersebut. Satu lagi, dibutuhkan juga pengorbanan dari kita maupun pasangan agar pengertian keluarga ideal tidak hanya menjadi angan-angan. Meskipun bukan hal yang besar, tapi tetap harus diperjuangkan. Seperti menyisihkan sedikit waktu untuk sekedar berbagi cerita dengan pasangan, sebelum tidur misalnya. Dengan ditemani secangkir teh melati nikmat dari Sariwangi, pasti acara mengobrol santai ini akan lebih bermakna.