4 Hal ini Wajib diketahui Sebelum Membeli Rumah di Situs Jual Beli Rumah

By | June 15, 2016
Flash Sale

Membeli Rumah

Melakukan pembelian atas berbagai jenis properti merupakan suatu komitmen yang besar. Terlebih lagi, pembelian rumah mungkin saja lebih dari sekedar komitmen karena pemilik rumah pada umumnya memperkirakan bahwa ia harus melakukan semua perbaikan dan perawatan rumah tersebut. Berbeda dengan apartemen atau kondominium yang dilengkapi dengan fasilitas dan perawatan yang telah disediakan, segala perbaikan atas kerusakan yang terjadi pada rumah merupakan tanggung jawab dari pemilik. Sama halnya seperti yang dikatakan orang, pembelian rumah untuk kebutuhan jangka panjang adalah hal yang memuaskan dan memberi Anda ruang dan kebebasan tersendiri dibandingkan dengan tinggal di hunian sosial seperti apartemen atau kondominium. Jika Anda adalah seorang penghuni baik asli maupun asing, sebaiknya Anda melakukan pertimbangan terlebih dahulu dalam pengambilan keputusan dan telah mendapatkan informasi yang diperlukan. Berikut adalah 4 hal penting dan harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan dalam pembelian rumah.

  1. Kabar Baik tentang Kebijakan bagi Penghuni Asing

Berdasarkan perbaikan kebijakan pemerintah semenjak Januari 2016, warga negara asing kini diperbolehkan untuk memiliki properti di Indonesia seperti yang dilansir pada situs The Nation. Hal tersebut mendongkrak pasar jual belirumah dan mengundang banyak penanam modal baru, yang juga memberikan keuntungan dalam daya beli konsumen terhadap rumah. Pada negara-negara di kawasan Asia, warga negara asing mungkin diperbolehkanmemiliki apartemen atau kondominum, tetapi tidak diperbolehkan membeli hunian tetap. Hal tersebut sudah tidak berlaku di Indonesia karena terdapat sedikit harapan bahwa perubahan dari kebijakan ini akan menarik perhatian dari banyak pembeli. Oleh karena itu, jika anda adalah seorang penghuni asing yang hendak mencari hunian untuk investasi atau tempat tinggal, Indonesia adalah tempat yang Ideal bagi Anda. Hal ini cocok bagi Anda yang hendak membawa keluarga Anda dan membutuhkan hunian yang besar, atau hanya sekedar menghuni saja.

  1. Cara Memulai Pencarian Rumah

Berbagai penawaran resmi kini tersedia secara online. Anda dapat memulai pencarian rumah pada situs jual beli rumah yakni rumah.com yang merupakan portal jual beli rumah terpopuler di kawasan Asia. Anda dapat melakukan beberapa pencarian pada situs tersebut dengan menggunakan filter pencarian yang tersedia dan melihat hasil pencarian yang sesuai dengan keinginan Anda. Beberapa pembeli memiliki kriteria atas daerah atau jenis rumah yang diinginkan, dan beberapa pembeli lainnya hanya ingin mencari penawaran terbaik. Anda hanya perlu menyeimbangkan keinginan dan kebutuhan Anda, sehingga anda tetap mendapatkan hunian yang memenuhi kebutuhan anda atau bahkan lebih. Yang perlu diingat, Anda perlu berhati-hati dengan situs jual beli rumah karena gambar-gambar rumah yang disajikan dapat dengan mudah membawa anda untuk berangan-angan melebihi anggaran Anda. Tetap sesuaikan pembelian Rumah dengan anggaran Anda ketika anda melakukan pencarian.

  1. Lingkungan Luar yang menjadi Desain bagian Dalam Rumah

Salah satu hal terbaik dalam hunian di Indonesia khususnya bagi warga asing adalah tentang bagaimana suatu pengaturan latar yang unik dapat mempengaruhi desain suatu rumah. Hal ini benar-benar terjadi, karena rumah yang demikian berdiri tersendiri, terlepas dari kepadatan lingkungan diluarnya. Sebagai contoh, situs Dwell menceritakan bahwa rumah mewah yang didesain oleh seorang arsitek tidak hanya memberikan ruang gerak untuk area publik maupun pribadi, tetapi juga memberikan gambaran dari lingkungan tropis disekeliling rumah itu sendiri. Hal ini merupakan contoh yang baik dari bagaimana suatu rumah masa kini dapat memanfaatkan unsur-unsur khas dari Indonesia, dan bagaimana tinggal di Indonesia memberi pengalaman yang berbeda dari yang lain.

  1. Menyiapkan Keuangan Anda dengan Bantuan Ahli

Jika Anda hendak mencari hipotek, maka Anda perlu mendiskusikannya dengan penasehat keuangan dan melakukan kajian terhadap keuangan anda secara menyeluruh.  Hal ini bertujuan agar Anda dapat menaksirkan harga yang dapat dijangkau untuk uang muka, pembayaran bulanan, dan harga akhir dari pembelian rumah yang Anda cari. Hal ini sangat penting jika Anda adalah seorang warga negara asing, karena anda perlu mengetahui jumlah tepat yang perlu dibayarkan, ketentuan hukum tentang jenis properti yang dapat dibeli dan waktu pembeliannya, serta berbagai langkah-langkah pengesahan secara hukum lainnya yang perlu dilakukan. Melakukan pembelian rumah di negara lain dapat menjadi hal yang rumit, tetapi jika Anda melakukannya dengan bantuan ahli, maka hal ini dapat menjadi investasi yang sangat baik.

Bahkan, jika Anda sedang menjual sebuah rumah, Anda sebaiknya memandang dari kedua sisi. Terdapat suatu kesempatan baik pada suatu waktu, Anda akan mempertimbangkan untuk menjual rumah yang telah Anda beli. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan, baik karena tiba-tiba saja Anda menginginkan kemajuan selagi tahun terus berlalu, maupun karena Anda perlu untuk pergi terkait syarat pekerjaan atau karena anggota keluarga yang bertambah. Apapun situasi yang terjadi ketika Anda hendak membeli rumah, pastikan anda juga memikirkan seberapa besar nilai jualnya di kemudian hari. Jika terdapat suatu masalah atau kesulitan akses menuju rumah yang hendak Anda beli, Anda perlu mempertimbangkan kembali, bahkan jika hal tersebut tidak secara langsung mempengaruhi Anda. Sejauh anda berpikir dengan waspada dan melakukan pembelian dengan hati-hati, terdapat banyak hunian di bursa jual beli rumah Indonesia saat ini dengan harga yang sangat terjangkau.

Flash Sale