Handphone atau Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Ditambah lagi dengan berkembangnya Smartphone yang sudah sangat menjamur sekarang ini di seluruh dunia yang menyediakan Jaringan. Semua orang bisa memiliki handphone/smartphone ini dengan mudah karena seiring perkembangan jaman harga dari smartphone ini sudah sangat terjangkau oleh semua kalangan. Setiap orang sudah banyak yang tahu kelemahan akan smartphone adalah pada segi baterainya yang cenderung lebih cepat habis. BAhkan dalam sehari saja, sobat bisa mengecharge handphone kamu hingga 2 atau 3 kali.

charge-iphone-battery-faster

Dan seiring dengan semakin seringnya kamu melakukan charging dan discharging smartphone, maka baterai dan keawetan handphone sobatpun akan semakin berkurang. Dan untuk mengantisipasinya, kali ini, Thegaptek ingin membagikan info penting khusus untuk pembaca TheGatek semuanya terkait masalah charging handphone. Jika kamu ingin ponsel kamu tetap awet dan juga dapat selalu diandalkan kapanpun kamu mau, maka hindarilah beberapa hal berikut ini saat mengecharge handphone kesayangan kamu.

  1. Jangan tunggu hingga baterai benar-benar kosong

Biasanya untuk alasan efisiensi atau memang malas mengecharge, kamu memaksakan ponsel kamu hingga kapasitas baterainya benar-benar habis. Hal ini justru tidak baik bagi kelangsungan baterai ponsel kamu. Sebuah tes membuktikan bahwa baterai ponsel memiliki rata-rata charge cycle sekitar 1000 hingga 2500 kali charge. Hal ini berlaku ketika baterai ponsel discharge dalam kondisi masih terisi paling tidak isinya masih 25%. Namun hal ini justru berbeda ketika hanya discharge ketika sudah benar-benar habis 0%. Charge cycle dari baterai yang sering terkuras habis hanya bertahan antara 300 hingga 500 kali charging saja.

  1. Jangan charge HP kamu semalaman

Beberapa kasus terjadi ketika handphone ditinggal tidur dan masih dalam keadaan charge. Hal ini dapat menimbulkan panas yang berlebih dan hal yang terburuk adalah ledakan pada handphone. Baterai yang mengalami over-charged akan lebih cepat rusak. Ditambah lagi komponen di dalam handphone itu sendiri juga tidak akan bertahan lama karena efek panas yang ditimbulkan dari proses charging semalaman.

 di-charge-semalaman-samsung-galaxy-s4-meledak

  1. Jangan charge handphone kamu dengan charger bajakan

Charger tidak bisa dianggap sebagai barang yang sepele. Bagi handphone charger merupakan soulmate yang tidak bisa terlepas. Ketiadaan charger hanya akan memberikan sedikit tambahan waktu pada handphone untuk tetap hidup. Menggunakan charger bajakan secara terus menerus juga tidak disarankan. Setiap handphone memiliki kebutuhan listrik yang berbeda-beda. Maka kamu harus sesuaikan antara input daya yang masuk untuk handphone dengan output yang dikeluarkan oleh chrger. Pastikan juga keduanya ada dalam nilai yang sama. Contohnya sama-sama 2A untuk input dan output dari handphone dan charger.

  1. Jangan charge di atas tempat yang empuk

Konotasi tempat empuk disini adalah tempat yang dapat membuat panas handphone jadi terperangkap. Contohnya adalah di atas atau di bawah bantal, kasur, dan lainnya. Jika posisi handphone kamu sedang discharge, ada baiknya taruhlah di atas tempat yang relatif keras supaya sirkulasi udara pada handphone semakin lancar.

 15011632722189999780x390-1

Demikian sedikit tips untuk menjaga keawetan handphone kamu. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat dan juga bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Akan sangat bermanfaat jika tips ini dibagikan ke banyak orang supaya orang bisa mengetahui bahayanya dari kebiasaan charging yang tidak sehat.

sumber : http://www.linkincube.com/blog/hindari-hal-ini-jika-ingin-handphone-kamu-awet/

https://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2015/06/charge-iphone-battery-faster.jpghttps://www.thegaptek.com/wp-content/uploads/2015/06/charge-iphone-battery-faster-150x150.jpgASCMobile & GadgetTeknologihandphone,smartphone,tips agar handphone awetHandphone atau Smartphone kini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi semua orang. Ditambah lagi dengan berkembangnya Smartphone yang sudah sangat menjamur sekarang ini di seluruh dunia yang menyediakan Jaringan. Semua orang bisa memiliki handphone/smartphone ini dengan mudah karena seiring perkembangan jaman harga dari smartphone ini sudah sangat terjangkau oleh semua kalangan. Setiap orang sudah...Information of Technologi, Computers, Internet, Gadget, Network