Tips Memperbaiki Komputer yang Sering Restart Sendiri

By | June 21, 2015
Flash Sale

Service-Komputer-DC1

Bagi Anda yang sering memakai komputer pasti sudah pernah mengalami beberapa masalah atau trouble yang sering terjadi pada komputer sobat, salah satunya komputer sering restart sendiri, terkadang jika terjadi kondisi komputer sering restart ini tentu sangat menjengkelkan bukan?, apalagi jika itu terjadi ketika kita sedang melakukan pekerjaan kemudian secara tiba-tiba komputer kamu restart sendiri sedangkan kita belum sempat untuk menyimpan dokumen maupun menyelesaikan pekerjaan tersebut. Tahukah Anda? Menurut pengalaman yang pernah saya dapatkan, ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan komputer sering restart sendiri, diantaranya adalah:

1. Kekurangan Power Supply

Biasanya jika komputer sering merestart sendiri secara tiba-tiba adalah karena  Power Supply yang kekurangan akan daya, namun bisa juga karena tidak optimalnya bagian Power Supply dalam mensupply daya pada CPU. Misalkan  terjadi karena matinya kipas angin (fan) yang terdapat pada Power Supply sehingga mengakibatkan overheart pada komponen power supply itu sendiri, agar lebih aman cobalah memakai Power Supply dengan daya catu maksimal 530 watt.

power-supply-komputer-e1433245413334

2. VGA Card Rusak
Komputer yang sering restart sendiri bisa juga disebabkan oleh rusaknya pada VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI di CPU. Ciri-ciri jika VGA Card rusak biasanya jika sudah terjadi panas pada bagian pendinginnya, selain itu juga tampilan gambar pada layar monitor juga akan menjadi rusak, dengan demikian rajin-rajinlah untuk mengecek komponen komputer sobat.

vga-card1-e1433245281351

3. Bad Sector pada Harddisk
Penyakit lainnya dapat juga disebabkan oleh  kerusakan hardisk atau biasanya terdapat bad sector di dalamnya, hal ini bisa menimbulkan komputer hang atau muncul pesan bluescreen of deadth dan juga mengakibatkan komputer tidak bisa booting dan me-restart secara terus-menerus. Solusinya sobat dapat mencegahnya dengan pemograman scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk sobat secara teratur.

hard-disk-drive-hdd-320775-300x268

4. RAM Rusak
Hal lainnya yang juga bisa menyebabkan komputer me-restar sendiri serta tidak bisa booting adalah bisa disebabkan oleh kerusakan RAM. Satu-satunya cara yang bisa sobat lakukan adalah dengan mengganti RAM dengan yang masih bagus ataupun yang RAM baru.

komputerrestartsendiriramrusak

Sebenarnya ada banyak hal lain yang juga bisa menyebabkan Komputer Sobat error, mungkin masalah diatas bisa sobat ingat dan dapat dijadikan sebagai referensi serta solusi yang tepat untuk memperbaiki komputer sebelum sobat membawanya ke tempat service.

Flash Sale