Keunggulan Processor AMD

By | July 29, 2015
gaming-evolved

image : 1ms.net

Pengertian Umum Processor :

Processor berasal dari Bahasa Ingris yang jika diartikan dalam Bahasa Indonesia secara harfiah berarti pemproses. Penulisan kode yang umum digunakan sebagai kata ganti processor adalah singkatan berupaµP atau uP.

Processor juga kerap disebut dengan istilah lain yakni CPU (Central Processing Unit), sayangnya kebanyakan pengguna komputer sering salah kaprah dan menganggap bahwa CPU adalah casing dan komponen komputer yang ada di dalamnya. Anggapan tersebut sepenuhnya salah, karena sejak dari dulu para penggagas yang berperan dalam penemuan teknologi komputer menggunakan istilah CPU hanya untuk processor saja, bukan untuk komponen komputer secara menyeluruh.

Ada pula yang menyebut bahwa processor sama dengan microprocessor. Memang anggapam tersebut tidak sepenuhnya salah karena pada dasarnya processor dan microprocessor adalah sama. Satu-satunya perbedaan antara processor dan microprocessor adalah konsepnya, dimana processor lebih ditujukan kepada fisik atau wujud barangnya, sementara microprocessor lebih ditujukan kepada teknologi pembuatan atau kecanggihannya.

Di dalam komputer, processor terletak pada socket yang telah disediakan motherboard, karena itulah perangkat yang satu ini kerap disebut-sebut sebagai salah satu komponen penting yang dipasang pada sebuah motherboard. Namun perlu diketahui, processor tidak bisa dipasangkan pada sembarang motherboard begitu saja. Pasalnya tiap-tiap motherboard sudah memiliki karakter atau spesifikasi tertentu yang hanya bisa dikawinkan pada processor berjenis tertentu pula.

Kelebihan Processor amd :

1.Harga relatif lebih murah daripada procesor Intel
2.Hyper Transport Technology, Teknologi penggandaan bus pada jalur system sehingga data yang dapat diantar dalam satu waktu lebih banyak karena lalu lintas data yang lebih cepat Integrated Memory Controller. 4.Memungkinkan prosesor untuk melakukan pengaksesan memory langsung tanpa melewati chipset northbridge terlebih dahulu.
3.Enhanced Virus Protection, Teknologi yang memungkinkan prosesor mendeteksi virus sehingga tidak akan diproses apabila terdeteksi
4.Cool n’ Quiet, Dengan teknologi ini memungkinkan penggunaan power yang efektif dan sistem yang lebih hening saat menggunakan kinerja sesuai dengan kebutuhan.
5.AMD64 Technology., Teknologi yang sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis 64 bit.

Menurut ane sih gan (penglaman pribadi) bukannya mengungguli AMD akan tetapi ane sudah enak makenya dan settingan untuk Grapiknya lebih mudah dan juga setingan clockspeednya juga ada disettingan Grapichs Properties hehe, tapi Intel juga Ok kok sesuai selera pemakai masing-masing aja gan ^_^