9 Hal yang Wajib Anda Ketahui dari Perangkat Project Morpheus

Terlepas dari adanya rencana yang dibuat oleh Sony ataupun Microsoft untuk perkembangan pembuatan sebuah hardware baru. Mungkin saja saat ini para pemilik dari Console ini hanya mempunyai pilihan yang cukup sedikit apabila mereka ingin menikmati berbagai macam konten dari konsep teknologi virtual reality.

Dalam hal tersebut tentunya PlayStation Virtual Reality (PS VR) atau yang dikenal dengan sebutan Project Morpheus menjadi satu-satunya pilihan paling baik untuk mendukung hal yang diinginkan tersebut. Alasan dasarnya bisa dilihat dari harga yang ditawarkan dan dukungan konten. Virtual Reality adalah tema utama yang diangkat dari perusahaan Sony.

Sejarah dari Console ini hadir sejak tahun 2014 pasca periode pengembangan yang dirasa cukup lama. Kini Sony mulai mengumumkan bahwasanya PS VR merupakan nama resmi yang akan digunakan untuk perangan virtual reality tersebut. Semakin penasaran dengan PS VR bukan? Nah berikut ini mungkin ada beberapa fakta dari PS VR yang bisa Anda ketahui.

  1. Desain Maupun Spesifikasi

Ketika berbicara desain mungkin perangkat satu ini bisa dikatakan tidak se keren perangkat HTC Vive. Dari beberapa referensi yang ada menunjukkan bahwa desain dari PS VR terlihat cukup besar dan bisa mendominasi permukaan para penggunanya. Project Morpheus menjadi sebuah rumah untuk layar OLED berukuran 5,7-inci dengan resolusi sebesar 1920×1080 pixel atau setara dengan ukuran 960×1080 pada setiap mata.

Perangkat ini juga didukung dengan bantuan refresh rate yang lebih maksimal sebesar 120Hz. Lampu LED yang ditanamkan juga bukan sekadar untuk pemanis penampilan saja. Komponen itu disematkan agar headset bisa tersambung pada unit PlayStation Camera.

  1. Dukungan Periferal

PlayStation Camera adalah perangkat yang wajib dimiliki agar headset mampu bekerja secara maksimal. Aksesoris ini dijual secara terpisah atau juga bisa dapat Anda membelinya satu paket lengkap dengan Project Morpheus atau PS VR.

Perusahaan Sony juga menyediakan dua jenis metode sebagai kendali utama yaitu memakai controller Dual Shock 4 dan PS Move. Bukan hanya itu saja,  headset pun menyimpan sistem dari motion sensor di enam poros, yang mana terdiri atas gyroscope three–axis dan juga accelerometer.

  1. Apa Itu yang Dimaksud dengan Processing unit?

Beda dengan pendapat sebelumnya, modul berbentuk kotak yang disematkan pada Project Morpheus tidak bertujuan untuk menambah kemampuan dari kompulasi PS 4. Processing unit tidak menawarkan tenaga CPU maupun GPU untuk tambahan, bukan juga sebagai ekspansi ataupun wujud update. Para developer juga tidak dapat mengaksesnya secara bebas.

Komponen satu ini disiapkan untuk mempermudah beberapa hal seperti proses audio 3D, menampilkan interface pada mode sinematik, menangani hasil atau output dari virtual reality dan TV, video siaran langsung yang terpisah dari display dan lain sebagainya.

  1. Game

Saat ini mungkin  PS VR termasuk salah satu perangkat yang bisa dikatakan sebagai terobosan dari headset Virtual Reality dengan dukungan yang paling banyak. Ada sekitar 53an judul game, termasuk juga game yang sekarang sedang dikembangkan seperti game The Deep, The London Heist, hingga The Playroom VR.

  1. Harga

Sesuai janji yang diberikan oleh Sony kepada perangkat barunya yaitu Project Morpheus dimana merak akan menawarkannya dengan harga kisaran 400 dolar Amerika. Namun perlu Anda ingin, paket satu ini belum komplit ya, Anda tidak mendapatkan kamera ataupun Move.

Sebagai alternatifnya kini Sony telah mempersiapkan hal baru dengan Bundel Virtual Reality yang maka akan ditawarkan dengan harga sekitar 500 dolar Amerika. Paket ini tentunya sudah termasuk dengan kamera, koleksi dari mini game dan juga controller.

  1. Hadir Lebih Sederhana

Kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan dari PS VR adalah pada kesederhanaan yang diterapkan. Hal ini dimulai dari pengaturan awal, kalibrasi ketika Anda menggunakannya, dan juga telah berhasil menghadirkan Project Morpheus dengan console pada umumnya untuk perangkat Virtual Reality. Aksesoris pendukungnya pun cukup sederhana.

  1. Bertenaga

PS VR ini juga hadir dengan performa yang cukup bertenaga. Mungkin bisa dikatakan adalah pengalaman virtual reality pertama yang cukup impresif seperti yang bisa ditemukan pada Vive dan juga beberapa game Steam Virtual Reality. PS 4 jadi pengganti yang paling baik bagi perangkat PS VR.

  1. Room Scale VR dan Visualisasi yang Ditampilkan Masih Kurang Mendukung

Jika dilihat secara keseluruhan maka Project Morpheus ini masih bisa dikatakan kurang sempurna. Loh begitu. Memangnya kenapa? Bagian Room Scale dan juga tampilan visual yang ada masih kalah dengan perangkat HTC Vive.

Apabila dibandingkan dengan perangkat Gear VR mungkin PS VR ini belum bisa memberikan kebebasan dalam ruang gerak tanpa kabel. Permasalahan tracking kadang-kadang juga bisa muncul pada saat kamera PS VS gagal dalam mendeteksi keberadaan dari headset maupun kontrolernya.

  1. Menarik

Meskipun disebutkan pada beberapa paparan di atas, siapa sangka perangkat ini cukup meyakinkan beberapa konsumen VR yang bisa buktikan dengan aksesibilitas dari teknologi VR dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin ada beberapa perangkat virtual reality baru yang diusung oleh beberapa perusahaan teknologi VR terbaik, tapi pesona dan pengalaman yang diberikan PS VR ini belum bisa digantikan oleh beberapa perangkat lain tersebut. Para pecinta game cukup dimanjakan dengan fitur dan pengalaman yang diberikan.

Demikian beberapa penjelasan yang mungkin harus Anda ketahui dari PS VR atau Project Morpheus. Secara garis besar perangkat ini wajib untuk Anda miliki terutama yang mengaku pecinta game dan beberapa hal berbau virtual reality. Kini Anda bisa merasakan permainan game yang luar biasa hanya dengan satu perangkat dan seolah-olah Anda ikut andil di dalamnya.