Tips Memilih Speaker untuk Smartphone

Speaker portable saat ini semakin populer dan menjadi aksesoris yang paling banyak dicari para pengguna smartphone atau laptop. Speaker nirkabel ini hadir dengan berbagai ukuran dan bentuk, dari yang kecil sampai besar. Apapun ukurannya, cara kerjanya tetap sama yaitu memanfaatkan teknologi nirkabel seperti Bluetooth atau WiFi untuk koneksi antar perangkat. Kemudian mentransmisikan sinyal digital tersebut ke speaker portable.

Terbatasnya performa speaker bawaan dari smartphone membuat sebagian orang mulai melirik speaker portable untuk audio yang lebih berkualitas. Misalnya saat bermain game tentu lebih menyenangkan jika suara dari game terdengar lebih keras dan jelas.

Secara teknis, speaker portable mirip dengan speaker kabel pada umumnya. Yang membedakannya adalah speaker portable bisa terkoneksi dengan perangkat seperti laptop atau smartphone tanpa harus tersambung melalui kabel. Selain itu speaker portable mempunyai bentuk yang ringkas dan ringan sehingga lebih mudah untuk dibawah dan dipindah-pindah.

Berikut ini adalah tips memilih speaker portable untuk smartphone:

  1. Pilih Konektivitas yang Sesuai

Speaker portable mempunyai 2 tipe konektivitas antara lain WiFi atau Bluetooth. Masing-masing mempunyai kelebihannya sendiri. Speaker portable dengan konektivitas WiFi mempunyai kualitas audio yang lebih baik daripada speaker portable Bluetooth. Tapi untuk koneksinya mengharuskan antara perangkat dan speaker terhubung di dalam jaringan WiFi yang sama. Sedangkan Bluetooth lebih mudah karena hanya membutuhkan koneksi antara perangkat dan speaker. Kamu juga bisa mempertimbangkan fitur tambahan seperti NFC karena akan lebih memudahkan pairing dengan smartphone yang memiliki NFC, konsekuensi harganya memang menjadi sedikit lebih mahal dari speakar portable bluetooth.

  1. Desain yang Ringkas dan Menarik

Karena sifatnya yang portable speaker jenis ini mudah untuk dibawa. Speaker JBL misalnya, hadir dengan desain menarik dan pilihan warna yang beragam, bentuknya pun kecil dan ringkas membuatnya mudah untuk dibawa. Ada banyak desain speaker portable yang bisa kamu pilih sesuai dengan karaktermu. Pilih speaker portable dengan ukuran yang ringkas sehingga mudah dibawa kemanapun. Misalnya speaker portable JBL Clip Plus atau Micro Wireless, keduanya dilengkapi gantungan yang bisa dipasang di bagian luar tas.

  1. Durabilitas

Untuk kamu yang hobi berpetualang di alam terbuka, mungkin bisa mempertimbangkan speaker portable yang mempunyai fitur khusus tahan air atau debu. Fitur tambahan lain yang patut dipertimbangkan antara lain, shock-proof yang membuat speaker tidak muda rusak ketika terjatuh atau terkena benturan keras.

  1. Daya Tahan Baterai

Speaker portable mendapat asupan daya dari baterai built-in, baterai ini bisa diulang dengan pengisi daya yang sudah disediakan produsennya. Pilih speaker portable dengan kapasitas baterai besar sehingga lebih lama digunakan. Perhatikan juga port pada speaker portable yang akan kamu pilih, apakah bisa diulang menggunakan powerbank atau hanya dari listrik AC.

  1. Ada Harga Ada Kualitas

Harga jual sebuah speaker portable akan berbanding lurus dengan kualitas audio dan material bodi speaker itu sendiri. Tambahan fitur seperti NFC, kapasitas baterai yang lebih besar, fitur water-proof atau shock-proof akan menambah harga jualnya juga. Speaker portable JBL misalnya dijual dengan harga mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Jadi, pastikan kamu membeli speaker portable yang memang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan.

  1. Garansi dan Layanan Servis

Speaker portable merk ternama biasanya akan memberikan garansi untuk setiap produknya minimal 1 tahun. Jika speaker portable yang ingin kamu beli tidak memberikan garansi, maka bisa dipastikan barang tersebut berkualitas buruk dan kalaupun barang tersebut dari merk terkenal bisa jadi itu barang palsu. Selain garansi dan keaslian produk, pertimbangkan juga layanan servisnya jika suatu saat produk rusak kamu bisa dengan mudah memperbaikinya di service center resmi terdekat.