Ini Cara Merawat Laptop Toshiba Agar Awet

Merawat laptop merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan secara detail. Hal ini dikarenakan laptop merupakan salah satu barang elektronik yang rentan terhadap kerusakan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Selain karena laptop merupakan perangkat yang penting bagi kehidupan Anda, laptop memiliki harga yang cukup mahal, sehingga sangat disayangkan jika tidak dirawat dengan baik, apalagi Laptop Toshiba.

Laptop Toshiba merupakan salah satu laptop yang cukup terkenal di Indonesia. Banyak sekali yang menggunakan laptop merek Toshiba ini. Selain dikenal memiliki desain yang kokoh, Toshiba juga cukup canggih dan memiliki harga yang cukup murah, meskipun sedikit mahal jika dibandingkan merek lainnya. Oleh karena itu, merawat laptop sangatlah penting agar menjaganya tidak mudah rusak.

Akan sangat disayangkan jika anda membeli laptop dengan harga yang mahal tetapi cepat rusak hanya karena tidak melakukan perawatan yang baik. Lalu perawatan laptop seperti apakah agar menjaga laptop dari kerusakan? Nah, berikut ini adalah beberapa cara merawat laptop Toshiba yang Anda miliki.

  1. Hindari Memindahkan Posisi Laptop Saat Masih Dalam Kondisi Menyala

Salah satu cara untuk menjaga laptop Toshiba agar tidak mudah rusak adalah dengan tidak memindah-mindahkan tempat saat laptop masih kondisi menyala. Arti dari menyala disini adalah belum dalam keadaan shutdown. Bisa jadi karena memang belum dimatikan atau dalam keadaan sleep.

Saat laptop dalam keadaan sleep secara otomatis sistem masih dalam keadaan bekerja meskipun layarnya mati. Saat laptop yang masih menyala tersebut dipindah-pindahkan ditakutkan akan terjadi head hardisk, karena hardisknya masih dalam keadaan bekerja. Jika sampai menggores cylinder maka dapat berakibat fatal.

  1. Jangan Sok Tahu ketika Terjadi Kerusakan

Jika memang telah terjadi kerusakan, mungkin keyboard yang mati, atau sistem operasi yang error, maka sebaiknya serahkan pada ahlinya jika memang Anda tidak menguasainya. Yang dikhawatirkan adalah, saat Anda mencoba untuk memperbaiki sedangkan Anda tidak paham betul kondisi kerusakan yang terjadi, bukan semakin baik malah keadaan laptop semakin buruk.

Oleh karena itu, jangan sok tau. Kecuali jika Anda sudah menyiapkan budget untuk mengganti kerusakan apabila terjadi lebih parah. Jika tidak, sebaiknya biarkan saja diperbaiki oleh ahlinya daripada Anda harus membayar lebih mahal karena kerusakan yang disebabkan oleh Anda.

  1. Jaga Kebersihan Laptop Anda

Menjaga kebersihan laptop sangatlah penting. Pasalnya, laptop sangat rentan terjadi kerusakan. Sebaiknya lap setiap selesai menggunakan. Jangan biarkan debu masuk karena dapat memicu jamur dan merusak sistem.

Selain itu, sebaiknya menghindarkan Laptop anda dari makanan dan minuman. Memang enak saat mengerjakan tugas sambil ditemani camilan, namun anda harus berhati-hati, dikhawatirkan makanan atau minuman anda dapat tumpah dan masuk ke dalam mesin Laptop. Maka tentu saja hal ini dapat menyebabkan konsleting listrik dan kerusakan.

  1. Rapikan Kabel secara Baik dan benar

Selain menjaga kebersihan Laptop, perhatikan juga gulungan kabel penghubung atau kabel charger. Sering kali Anda menggulungnya asal-asalan dan tidak rapi. Hal ini dapat merusak kabel dan membuat fungsinya berkurang. Bisa jadi ada sambungan di dalamnya yang mangalami putus, sehingga akan mengganggu proses cas energi listrik.

  1. Perhatikan Cara Cas Baterai

Hal yang paling umum terjadi adalah kerusakan pada baterai laptop Toshiba. Kerusakan pada baterai ini biasanya dipicu karena kebiasaan penggunaan yang salah dan cara mengecas baterai yang tidak benar.

Sebaiknya lakukan cas baterai sesuai dengan kebutuhan. Lakukan cas jika memang dalam kondisi energi akan habis misalnya pada keadaan 30 atau 40 persen. Sedangkan jika memang lampu indikator sudah menunjukkan penuh atau baterai full maka sebaiknya segera lepas cas. Umumnya dibutuhkan waktu 3 hingga 4 jam untuk mengecas hingga penuh.

Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan laptop saat kondisi dicas. Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop akan mudah drop. Saat baterai laptop sudah drop, hal ini tentu akan cukup menyulitkan Anda. Pasalnya saat Anda ingin menggunakannya, Anda harus mencari sumber listrik terlebih dahulu untuk menyalakannya.

Nah, itulah beberapa cara merawat laptop Toshiba agar tidak mudah rusak. Jangan sampai Anda tidak merawat barang-barang mahal Anda termasuk laptop. Karena akan sangat disayangkan jika barang-barang mahal yang Anda miliki memiliki umur yang pendek dan cepat rusak hanya karena tidak benar dalam melakukan perawatan.