Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar di Laptop dan PC

By | September 26, 2020

record untuk laptop adn PC

Aplikasi perekam layar PC adalah sebuah perangkat lunak yang sering digunakan untuk berbagi pengalaman yang bertujuan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi pada komputer. Adanya rekaman layar akan membuat langkah atau petunjuk untuk menyelesaikan masalah menjadi lebih jelas dan mudah diikuti dan dipahami.

Software sejenis ini pun tak jarang digunakan untuk merekam aktivitas lainnya, seperti melakukan live streaming, video call, dan gaming. Sejumlah aplikasi juga menyediakan berbagai fitur editing agar pengguna dapat meningkatkan kualitas rekaman mereka.

3 Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar PC

Di bawah ini rekomendasi aplikasi untuk merekam layar di laptop maupun PC:

  1. Movavi Screen Recorder Studio

Rekomendasi pertama dari aplikasi perekam layar untuk pengguna laptop atau PC yaitu Movavi Screen Recorder Studio. Aplikasi ini mempunyai sejumlah fitur untuk merekam dan mengedit hasil rekaman yang telah disimpan. Fitur pengeditan tersebut akan membuat hasil rekaman layar menjadi serbaguna dan sangat inklusif.

Aplikasi perekam layar PC yang satu ini memungkinkan Anda untuk merekam layar di laptop maupun hanya sebagian dari layar. Kemudian, Anda bisa mengedit hasil rekaman lewat fitur flip, crop, trim, filter, watermark, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa men-screenshot layar dan menyimpan file-nya.

Tak hanya untuk merekam layar, aplikasi ini juga dapat merekam video melalui webcam, baik bersamaan dengan perekaman layar atau pun terpisah. Fitur mikrofon yang tersedia dapat Anda gunakan untuk merekam audio.

Aplikasi perekam layar ini bisa Anda unduh secara gratis untuk Windows dan Mac. Anda bisa mencoba versi free trial untuk memastikan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

  1. Bandicam

Jika aplikasi Movavi Screen Recorder Studio dapat digunakan untuk Windows maupun Mac, lain halnya dengan Bandicam. Aplikasi ini tidak tersedia untuk Mac, melainkan hanya Windows. Namun, Bandicam sangat terkenal dikarenakan aplikasi ini mampu merekam video dengan kualitas tinggi.

Setelah Anda merekam layar di laptop atau PC, Anda bisa menyimpan rekaman sebagai file video, terutama dalam format MP4 atau AVI atau pun dalam file dengan gambar tak bergerak. Adapun fitur yang paling menonjol dari aplikasi perekam layar PC ini yaitu kemampuannya untuk memilih dan merekam area tertentu, atau seluruh layar PC.

Selain itu juga dapat menggambar pada video ketika rekaman berlangsung, serta dapat menambahkan overlay webcam ke video, di mana Anda bisa merekam diri sendiri ketika sedang merekam layar.

Bandicam juga memiliki fitur tambahan lainnya, yaitu mencampur suara pengguna ke dalam rekaman layar, menambahkan logo ke video, serta menambahkan efek mouse dan animasi lainnya ketika layar direkam. Game favorit yang sedang Anda mainkan juga dapat direkam.

Aplikasi Bandicam menawarkan dua versi, yakni versi registered dan unregistered. Versi registered mempunyai sejumlah fitur yang lebih lengkap tanpa batas waktu perekaman setiap file, dan bebas dari watermark.

  1. ShareX

ShareX hanya tersedia untuk laptop yang menggunakan OS Windows 7, 8.1, dan 10. Aplikasi gratis ini bersifat open source, bebas iklan, serta penggunaannya cukup ringan.

Aplikasi perekam layar ini bisa menangkap seluruh ataupun sebagian layar PC, serta bisa menangkap area layar dengan bentuk elips, persegi panjang, atau tangan bebas. Dengan aplikasi ini, Anda juga bisa menambah watermark atau efek gambar pada rekaman, serta berbagi hasil rekaman dengan orang lain menggunakan metode drag-and-drop.

Demikianlah rekomendasi aplikasi perekam layar PC atau laptop yang bisa Anda gunakan. Semoga dengan informasi ini Anda bisa melakukan aktivitas perekaman pada layar PC Anda dengan lebih mudah ya. Selamat mencoba!