Lindungi Anak-anak Dari Bahaya Diare

By | November 21, 2016

anak-diare

Ibu mana yang tidak kalut dan risau ketika melihat anak kesayangan terkulai lemah, tidak berdaya dan tidak ceria seperti biasanya. Ibu-ibu memang seringkali panik ketika melihat buah hatinya sakit, karena ada kekuatiran berlebih tentang kondisi kesehatan anaknya. Sebab itu, ibu-ibu seringkali sangat cerewet mengenai kebersihan makanan maupun lingkungan sekitar anaknya. Hal ini dilakukan mereka dalam upaya menjaga kesehatan anak-anaknya. Nam yun seberapa protektive pun seorang ibu menjaga kesehatan anak-anaknya, ada masanya mereka kecolongan. Anak-anak yang sering berada di tempat umum seperti sekolah dan tempat bermain, tidak sepenuhnya bisa kita jaga dan awasi. Walaupun seringkali ibu menasehati anak supaya tidak jajan sembarangan dan membuatkan mereka bekal, kadang hal ini mereka acuhkan dan langgar. Akibat jajanan yang tidak higienis dan sehat, anak-anak bisa terkena penyakit diare. Kalau sudah begini, memarahi anakpun ibu sudah tidak tega karena melihat kondisi anak yang lemah tidak berdaya.

Penyakit diare memang bisa menyerang siapa saja, namun ketidakmampuan anak-anak dalam memilih makanan yang mereka konsumsi membuat penyakit ini seringkali menyerang anak-anak. Penyakit diare biasanya menginfeksi usus yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit. Diare memang penyakit yang umum menyerang orang-orang namun penyakit ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Apabila dibiarkan berlarut-larut, bisa membahayakan nyawa penderitanya, terutama anak-anak. Sebenarnya diare bisa sembuh dengan sendirinya tanpa ada tindakan perawatan setelah beberapa hari. Namun apabila anak-anak yang mengalami diare, perlu penanganan segera. Sebab, daya tahan tubuh mereka tidak sekuat orang dewasa. Apalagi jika mereka mengalami buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari tiga kali dalam sehari. Tentu ini akan membuat tubuh mereka kehilangan banyak cairan dan mengalami dehidrasi. Untuk itu, anak yang mengalami diare harus banyak minum untuk menggantikan cairan tubuh mereka yang hilang.

Untuk itu, sebagai seorang ibu, kita harus bisa mendisiplinkan anak tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh mereka sendiri. Langkah-langkah pencegahan penyakit diare berikut bisa ibu ajarkan kepada anak-anak.

  • Ajarkan anak untuk selalu memotong kuku mereka minimal satu minggu sekali agar tidak panjang dan jadi sarang hinggapnya penyakit
  • Biasakan anak untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir ketika akan memegang makanan ataupun ketika baru keluar dari toilet atau setelah memegang binatang peliharaan
  • Tidak minum air sembarangan, seperti air dari kran
  • Mengajarkan anak untuk selalu menjaga kerapian dan kebersihan kamar
  • Ajarkan anak untuk memilih jajanan yang sehat dan higienis agar mereka tidak jajan sembarangan

Semoga langkah-langkah di atas bisa menjauhkan dan menghindarkan anak-anak ibu dari bahayanya penyakit diare. Karena kita tidak bisa mengawasi dan menjaga mereka selama 24 jam, alangkah baiknya jika kita mengajarkan mereka tentang pentingnya menjaga kesehatan tubuh mereka sendiri.