Wisata AirTerjun Mananggar, Kalimantan Barat

By | July 31, 2015
Flash Sale

Halo selamat malam sahabat The Gaptek, semoga kabarnya hari ini baik-baik aja. Mudah-mudahan selalu diberikan kesehatan, dan dilimpahkan rezeki yang halal. Malam ini saya ingin memposting tentang tempat wisata yang juga tidak kalah serunya yang ada di Kalimantan. Sebelumnya udah saya posting tentang Danau Labuan Cermin yang berada di Kalimantan Timur. Nah sahabat The Gaptek malam ini saya akan berbagi tentang wiasata Air Terjun Melanggar, yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya sih terletak di Dusun Perbuah, Desa Marayuh, Kecamatan Aik Besar, Kabupaten Pontianak. Berjarak sekitar 260 km dari Pontianak yang diawali melalui jalan darat dari Kota Ngabang menuju Setimbu, ibukota Kecamatan Aik Besar. Bila menggunakan kendaraan umum, harus berhenti dulu di terminal kota Kecamatan ngabang (sekitar 3 jam dari kota Pontianak). Selanjutnya dari sana, dapat menggunakan kendaraan desa ke desa Setimbu (sekitar 56 km dari ngabang), dengan waktu tempuhnya sekitar 2 jam lebih. Dari desa Setimbu, perjalanan ke Air Terjun Melanggar dilanjutkan dengan perahu motor atau pepet yang berkecepatan 13 km/jam. Ongkosnya sekitar Rp. 100.000 sekali jalan, waktu tempuh saat melintasi sungai Landak sekitar 2 setengah jam.

B7yGDmlCMAA7WIx

Kalau dilihat-lihat seperti Niagara yang di Amerika yaa, eiitss tunggu duluu, bukan kok Air terjun ini bukan Niagara di Amerika sana. Air Terjun Melanggar ini menawarkan air terjun yang masih alami di tengah rimba Kalimantan, maka anda akan merasakan pengalaman tak terlupakan disini. Berinteraksi dengan masyarakat Dayak di sekitar air terjun juga akan memperkaya pengetahuan budaya anda.

Air terjun Melanggar memiliki ketinggian sekitar 60 meter dan lebar 60 meter yang menyajikan pesona alam yang sangat indah. Keunikan air terjun Melanggar ini adalah terdapat danau yang berada di bawah air terjun ini dengan luas kurang lebih 2 hektare yang berbentuk bulat dan dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan ataupun udang. Sedangkan di kiri atas terdapat sebuah tempat untuk memohon rezeki kepada Tuhan YME yang sudah dilakukan ratusan tahun yang lalu sampai sekarang ini. Selanjutnya, di atas terdapat gunung Pejapa dengan ketinggian 1.019 meter yang mengelilingi air terjun Melanggar dan terdapat hutan yang masih utuh dan dilindunggi. Dan yang terakhir, di seberang sungai terdapat gua Sanjan yang terdapat air terjun kecil dan sungai kecil.

Nah sahabat The Gaptek kalau kalian ingin berlibur ke Kalimantan, nggak ada salahnya nyobain wisata Air Terjun Melanggar ini, keindahannya tidak kalah kok dengan wisata-wisata yang ada di Jawa sana, atau bahkan yang ada di luar negeri. Dari pada keluar negeri, mendingan di dalam negeri aja, sekalian membudidayakan alam Indonesia, iya nggak soob.

Flash Sale