Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sendiri

By | November 14, 2015
Woman washing dishes in sink

Woman washing dishes in sink

Mencoba mencari informasi mengenai cara membuat sabun cair cuci piring untuk mampu membuat jenis sabun ini secara pribadi. Dapat dilakukan dengan lebih mudah sebab informasinya bisa didapatkan dari berbagai sumber. Termasuk lewat media internet yang menawarkan berbagai informasi secara mudah, tepat, dan juga sangat cepat. Kebutuhan akan sabun jenis ini bagi para ibu rumah tangga memang sangatlah penting. Tanpanya maka segala peralatan di dapur tidak akan bisa bersih maksimal dan aman untuk digunakan.

Memahami betapa pentingnya pemakaian sabun pencuci piring maka tidak ada salahnya mencoba cara membuat sendiri sabun cuci piring tersebut. Pada dasarnya proses pembuatannya cukup sederhana, adapun tahapan pembuatan tersebut meliputi:

  1. Mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan

Membicarakan mengenai produk sabun yang mampu menghasilkan busa dan aroma tertentu maka tidak akan terlepas dari pemakaian bahan kimia. Persiapan pertama ialah dengan membeli beberapa bahan kimia yang dibutuhkan di apotek atau toko khusus. Adapun bahan kimia tersebut antara lain texapon, camperlan, EDTA, parfum, asam sitrit, dan sodium sulfat.

  1. Mencari tahu tahapan pembuatan sabun piring

Setela berbelanja kebutuhan bahan untuk pembuatan sabun tersebut maka langkah selanjutnya ialah mengetahui tahap pembuatannya. Adapun tahapan tersebut khusus untuk sabun cair ialah menyiapkan baskom sebagai tempat adonan sabun dan pengaduk. Siapkan semua bahan dan takar dengan teliti agar menghasilkan sabun yang sesuai dengan sabun di pasaran pada umumnya. Komposisi bahan dan peralatan tepat juga harus didukung oleh proses pengadukan yang juga pas.

Peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sabun piring sendiri tidaklah mahal dan sulit didapatkan. Bahan-bahan kimia yang disebutkan di atas bisa ditemukan di apotek dan juga toko-toko khusus yang menyediakan bahan kimia. Khusus untuk parfum sebagai aroma pada sabun memang keuntungannya bisa menyesuaikan dengan keinginan. Sehingga kegiatan mencuci piring, gelas, wajan, dan lain sebagainya terasa lebih ringan dan menyenangkan. Menyediakan peralatan sederhana seperti baskom dan pengaduk saja maka cara membuat sabun cair cuci piring sudah bisa diaplikasikan secara langsung.