Menarik, Inilah 5 Tempat Wisata yang Tersembunyi di Makassar

Beberapa tahun terakhir, Makassar mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bukan hanya di sektor ekonomi, melainkan juga sektor pariwisatanya. Ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini memang menawarkan banyak destinasi menarik yang layak untuk dikunjungi. Tak mengherankan, jumlah wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Makassar dan sekitarnya terus bertambah.

(sumber : tripcanvas.co)

Objek wisata yang cukup populer di Makassar adalah Pantai Losari dan Benteng Fort Rotterdam. Namun, selain kedua landmark tersebut, ternyata ada beberapa tempat tersembunyi tak kalah eksotis di Makassar. Berikut ulasannya.

  1. Sungai Pada’elo

Terletak di Desa Ureng, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, jarak objek wisata ini dari pusat kota memang cukup jauh. Untuk mencapainya, Anda harus menempuh perjalanan darat selama 4 jam. Namun, usaha tersebut akan terbayar oleh keindahan alam yang bisa dinikmati di sini.

Sungai Pada’elo berada di balik sebuah dinding batu cadas yang megah. Sebuah lorong dengan cahaya remang-remang semakin menambah eksotisme suasananya. Air sungai pun sangat jernih dan cocok menjadi tempat untuk menyegarkan diri.

  1. Batu Mallopie

Anda juga bisa menyaksikan kemegahan batu-batu cadas saat berkunjung ke Batu Mallopie yang terletak di Kelurahan Lompo Riaja, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Untuk mencapai tempat ini, Anda harus menempuh perjalanan selama 3 jam lebih dari pusat kota.

Batu Mallopie menawarkan suasana alam yang masih jarang tersentuh tangan manusia. Di tempat ini, Anda dapat melihat keindahan pahatan alam yang menakjubkan. Batu-batu cadas dalam berbagai bentuk dan ukuran berdiri tak tergoyahkan di atas aliran sungai yang jernih.

  1. Pulau Kodingareng Keke

Dari Pantai Losari, pulau ini berjarak sekitar 13, 6 km. Meskipun terbilang cukup jauh, Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan eksotis yang bisa dinikmati di tempat ini. Nah, jika berangkat dari depan Fort Rotterdam atau Dermaga Bangkoa, Anda harus membayar biaya sewa boat sekitar Rp500.000.

Pulau Kodingareng Keke tidak berpenghuni. Itulah sebabnya kebersihan kawasan pantainya sangat terjaga. Pasir putih yang bertekstur halus ini membentang di sepanjang pesisir pulau. Air laut di sekitarnya pun tampak jernih. Tempat ini biasa digunakan oleh para penyelam untuk menikmati keindahan bawah laut yang memesona.

Jika berencana untuk mengunjungi Pulau Kodingareng Keke, persiapkan segala keperluan seperti air minum atau makanan karena di pulau ini tidak ada warung yang menjual kebutuhan wisatawan.

  1. Air Terjun Lengang

Salah satu tempat menarik yang masih tersembunyi di Makassar adalah Air Terjun Lengang. Dari pusat kota, tempat ini dapat dijangkau dengan 2,5 jam perjalanan. Air Terjun Lengang menawarkan eksotisme yang tak tanggung-tanggung. Ada kolam bertingkat dan berair jernih yang bisa digunakan untuk berenang dan bermain air.

Lokasi Air Terjun Lengang adalah di Bontomanai, Desa Laiya, Maros. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat ini, gunakanlah kendaraan dengan kondisi yang prima karena medan yang ditempuh memang cukup sulit.

  1. Danau Tanralili

Danau Tanralili adalah salah satu tempat wisata yang patut Anda kunjungi saat berlibur di Makassar. Danau ini terletak di kaki Gunung Bawakaraeng. Di sekitar danau, Anda bisa menikmati panorama alam yang memesona yang dikenal dengan nama Lembah Loe (Lohe). Ada pula tebing-tebing yang menjulang tinggi bak benteng seolah-olah menyembunyikan keindahan Danau Tanralili.

Nah, jika Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu objek wisata yang tersembunyi di Makassar ini, carilah waktu yang tepat. Selain itu, pilih penginapan yang strategis, terjangkau, sekaligus berkualitas supaya pengalaman liburan semakin memuaskan.

Anda bisa memilih hotel murah di Makassar melalui aplikasi Airy Rooms di smartphone. Meskipun murah, hotel-hotel yang bekerja sama dengan Airy memiliki kualitas terjamin dan menawarkan fasilitas terbaik, seperti AC, kamar bersih, shower air hangat, dan sebagainya.