Pengalaman Meminjam Uang dengan Mudah Lewat Aplikasi Indodana

Sepintar-pintarnya Kita menghitung dan membuat anggaran pengeluaran, tidak menjadikan hal tersebut sebagai jaminan jika Kita tidak akan membutuhkan uang lebih dari pada itu.  Di sebabkan satu dan lain hal, terkadang menuntut seseorang untuk mencari pinjaman dana.

Penyedia layanan untuk meminjam dana pertama yang sering terpikirkan adalah bank, tapi apa daya, jika prosedur yang ditetapkan oleh bank terbilang rumit dan memakan banyak waktu.  Pilihan ini sudah tidak mungkin digunakan bagi Kita yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Lalu kemana Kita meminjam dana ?

Saya ingin sharing ke teman-teman sekalian seputar pengalaman meminjam dana melalui sebuah aplikasi pinjaman online.  Aplikasi pinjaman online yang Saya pakai adalah aplikasi pinjaman uang online Indodana.  

Mungkin masih ada yang belum kenal apa itu Indodana.  Indodana adalah sebuah situs finansial yang di bangun oleh PT Artha Dana Teknologi dan di dirikan pada November 2017 untuk memberikan layanan berupa pinjaman dana yang berbasis teknologi.

Tujuan di dirikannya Indodana ialah untuk memberikan bantuan berupa pinjaman sejumlah dana bagi orang-orang yang tidak mendapatkan layanan secara perbankan. Teknologi yang telah digunakan oleh Indodana memungkinkan Kita untuk melakukan pinjaman secara digital dan terjangkau, dengan begitu Kita bisa melakukan pinjaman dana secara fleksibel dan nyaman karena aplikasi pinjaman IndoDana dapat di akses melalui perangkat mobile.  Sebagian besar penduduk negara ini pastinya sudah memiliki dan menggunakan smartphone pula. Jadi adanya aplikasi ini sungguh membantu masyarakat.

Pada aplikasi IndoDana memungkinkan Kita untuk meminjam dana mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 8.000.000.  Tenor pinjaman yang diberikan juga cukup logis yaitu mulai 1 hingga 6 bulan. Sistem pinjam dana di aplikasi Indodana, tanpa membutuhkan jaminan.  Sehingga tidak menyulitkan calon peminjam.

Untuk cara penggunaan aplikasi IndoDana adalah, kita harus download dulu aplikasi IndoDana yang ada di playstore smartphone.  Pada halaman awal, Kita akan diminta untuk memasukan nomor HP Kita yang aktif, jadi masukan saja nomor HP Anda untuk proses verifikasi awal.

Setelah itu, masuk pada aplikasi, maka aplikasi akan menampilkan pilihan mengenai nilai pinjaman dan periode pinjaman yang diinginkan.

Saya akan meminjam dana sejumlah 2 juta rupiah dengan lama pinjaman selama 3 bulan.  Ketika Kita mengganti jumlah pinjaman dan lama pinjaman, maka nominal cicilan akan menyesuaikan dengan pilihan yang Kita pilih.  Dalam hal ini cicilan per bulan sebesar 932.000 rupiah. Kemudian Kita bisa melengkapi data aplikasi.

Ketika memilih pilihan ‘lengkapi aplikasi anda’ maka akan muncul tampilan seperti diatas.

Kita diwajibkan mengisi semua kolom diatas sebagai data perusahaan, serta untuk kepentingan verifikasi data.

Seperti layaknya layanan penyedia pinjaman lain, IndoDana juga mempunyai beberapa syarat dan ketentuan untuk calon peminjam dananya.  Berikut persyaratan pinjaman di Indodana:

  • Calon peminjam memiliki usia minimal 21 tahun dan maksimal 50 tahun
  • Calon peminjam wajib memiliki rekening bank yang mengatas namakan nama pribadi yang telah berjalan atau aktif selama minimal 3 bulan atau lebih
  • Calon peminjam harus memiliki penghasilan tetap dan telah memiliki pekerjaan / bekerja minimal selama 3 bulan.
  • Calon peminjam merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berdomisili dan berkerja di area Jabodetabek, calon peminjam harus mudah dihubungi (baik melalui alamat alamat tempat tinggal atau kantor)

Kembali ke masalah aplikasi pinjaman dana.  Setelah mengisi seluruh proses aplikasi yang di perlukan, selanjutnya Kita tinggal menunggu saja, proses yang dilakukan perusahaan biasa memakan waktu sekitar 1 sampai 2 hari, setelah itu Anda akan mendapatkan informasi lanjut dari pihak Indodana.  Saya menunggu selama 2 hari, kemudian mendapatkan notifikasi dari pihak Indodana bahwa proses aplikasi pinjaman dana di setujui. Selanjutnya dana pinjaman yang Kita ajukan akan dikirimkan ke rekening Anda.

Sungguh praktis dan tidak ribet sama sekali, cukup dengan menggunakan smartphone, kita sudah bisa mendapatkan pinjaman dana sesuai kebutuhan.  Aplikasi pinjaman Indodana menurut saya memiliki daya tarik sendiri, karena Indodana menyediakan fitur reward bagi peminjam jika Anda membayar cicilan pinjaman tepat waktu, dan reward ini juga dapat diuangkan saat tenor pinjaman berakhir.  Jika kita membayar pinjaman dengan tepat waktu, fitur reward ini terbilang sangat menguntungkan.

Untuk melakukan pembayaran, ada beberapa metode pembayaran yang ditawarkan oleh IndoDana yaitu bisa membayar cicilan melalui beberapa bank seperti, bank Danamon, bank Mandiri, bank Permata, bank CIMB Niaga, ATM Bersama, serta melalui Alfamart dan Alfamidi.  Jadi tidak perlu khawatir jika seandainya tempat tinggal Anda jauh dari kawasan mesin ATM, Anda bisa membayar cicilan melalui minimarket juga.

Overall, aplikasi ini saya rasa sangat membantu bagi yang membutuhkan pinjaman.  Selain jumlah pinjaman cukup beragam, tenor pinjamannya pun masih wajar. Bunga yang di kenakan pada setiap pinjaman yang saya lakukan juga nilainya kurang lebih sama dengan besar bunga yang di kenakan pada jasa penyedia pinjaman lainnya, kalau dihitung-hitung besar nilainya sekitar 1%.  

Jika Anda membutuhkan pinjaman dana dadakan serta mampu mengikuti dan memenuhi semua persyaratan yang telah saya jelaskan sebelumnya.  Aplikasi Indodana ini bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk meminjam dana jika sewaktu – waktu dibutuhkan.

Sekian dulu untuk review mengenai aplikasi pinjaman dana kali ini, semoga dengan adanya review ini teman-teman bisa terbantu.