5 Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Sepatu Futsal

Tidak hanya sepak bola, olahraga futsal juga memiliki banyak peminat. Perlengkapan yang dibutuhkan untuk kedua olahraga ini juga sama. Mulai dari kaos olahraga, bola hingga sepatu futsal. Pemilihan sepatu ini harus selektif, di mana harus memperhatikan bentuk, bahan maupun jahitannya sebab ini dapat mempengaruhi performa pemain ketika berlaga di lapangan.

Futsal juga dikenal dengan sebutan futbol sala. Olahraga ini mulai dikenal masyarakat Indonesia sejak tahun 2000-an. Futsal memang mirip dengan sepak bola, yang membedakan di antara keduanya hanya ukuran lapangan yang lebih kecil dan permainan yang lebih sederhana.

Memilih Sepatu Futsal

Seperti yang disinggung di atas, pemilihan sepatu untuk olahraga futsal ini perlu perhatian khusus. Ya, kualitas dan kenyamanan sepatu menjadi keharusan agar Anda bisa bermain futsal dengan aman. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu futsal? Berikut ulasannya.

  1. Bahan
    Umumnya sepatu olahraga hadir dengan empat jenis bahan, yakni kulit, kain, karbon dan imitasi. Dari ke-empat jenis bahan ini, Anda bisa memilih sepatu yang berbahan serat karbon. Sepatu dengan bahan ini nyaman digunakan karena kuat dan ringan. Sebaiknya hindari memilih sepatu dengan bahan imitasi karena sepatu dengan bahan ini lebih cepat rusak.
  2. Ukuran
    Setelah memilih bahan sepatu, langkah selanjutnya adalah menemukan sepatu yang ukurannya sesuai dengan ukuran kaki Anda. Umumnya setiap merk sepatu mempunyai size chart yang berbeda-beda, jadi jangan lupa untuk mencoba sebelum memutuskan untuk membeli.

    Agar lebih nyaman dikenakan, Anda bisa memilih sepatu yang ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan ukuran kaki. Sesuaikan saja dengan kenyamanan ya!
  3. Sol
    Saat memilih sepatu olahraga apa pun sol sepatu harus selalu diperhatikan. Terlebih untuk sepatu futsal yang mana sol sepatunya harus disesuaikan dengan jenis lapangan futsal. Ya, ada dua jenis lapangan futsal, yakni lapangan yang berbahan rumput sintetis dan berbahan vinyl.

    Apabila lapangan tempat Anda bermain futsal berbahan rumput sintetis, pilihlah sepatu yang solnya agak menonjol. Sementara itu, jika lapangan futsal berbahan vinyl Anda bisa memilih sepatu dengan sol seperti biasa.

  4. Jahitan
    Sepatu ini nantinya akan sering Anda gunakan untuk berlari dan menendang bola. Itu artinya sepatu yang digunakan harus dipastikan memiliki ketahanan yang kuat. Salah satu hal yang mempengaruhi ketahanan sepatu ini adalah jahitan dari sepatu itu sendiri. Ketika sepatu dijahit dengan rapi maka sepatu akan lebih awet dan kuat.
  5. Budget
    Hal yang tidak boleh dilupakan adalah budget Anda untuk membeli sepatu. Apa lagi kini banyak sekali sepatu olahraga yang hadir dengan berbagai pilihan merk. Setiap merk menawarkan keunggulan masing-masing.

    Dari adanya keunggulan inilah yang kemudian mempengaruhi harga sepatu tersebut. Nah, coba hitung kembali budget Anda. Mengetahui jumlah budget ini memudahkan Anda memilih sepatu yang akan dibeli nantinya.

Demikianlah 5 hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sepatu futsal. Sepatu yang berkualitas adalah sepatu yang mempunyai pelapis dengan bahan lembut, dan mampu menyerap keringat dengan baik dan kuat. Oleh karena itu tetaplah selektif memilih sepatu. Selain hal-hal di atas, memastikan bahwa sepatu nyaman digunakan juga menjadi keharusan.

Nah, sekarang saatnya bagi Anda untuk membeli sepatu futsal di Bukalapak. Toko online Bukalapak menyediakan berbagai pilihan sepatu olahraga, termasuk sepatu badminton. Selain produknya banyak, harga yang ditawarkan juga bervariasi dan ini memudahkan Anda untuk mendapatkan sepatu yang diidamkan.